5 Barang Sehari-hari yang Baiknya Tidak Dipinjamkan ke Orang Lain

fitriandiani11 Jan 2019, 12:00 WIB
5 Barang Sehari-hari yang Baiknya Tidak Dipinjamkan ke Orang Lain

Fimela.com, Jakarta Saling pinjam barang kecantikan atau fashion mungkin sudah jadi hal yang umum dilakukan, tak terkecuali di Indonesia. Contohnya, pakaian, sepatu, tas, sampai produk makeup.

Biasa bukan berarti tak mengapa, lho, Sahabat Fimela. Beberapa barang lebih baik disimpan dan dipakai sendiri daripada dipinjamkan ke orang lain, sebab berpotensi memindahkan bakteri bahkan virus-virus tertentu yang bisa menularkan penyakit.

Ketahui barang-barang kecantikan apa saja yang baiknya tak dibagi ke orang lain, supaya pelan-pelan kamu bisa hindari yuk!

1. Gunting kuku

Bukan sesuatu yang aneh kalau satu gunting kuku dipakai beberapa orang sekaligus, terutama di rumah. Namun rupanya, gunting kuku adalah salah satu barang yang baiknya tak dipakai beramai-ramai untuk menghindari tersebarnya bakteri, virus, dan jamur dari satu orang ke orang lain. Gunting kuku bahkan bisa jadi penyebab hepatitis, lho.

 

2 of 3

2. Earphone

5 Barang Kecantikan yang Baiknya Tidak Dipinjamkan ke Orang Lain
Earphone. (Foto: unsplash.com)

Tak jarang juga kita saling meminjamkan earphone dengan kerabat, padahal kebiasaan itu berpotensi menularkan bakteri dari telinga. Jikapun ingin memakai earphone yang biasa dipakai orang lain, ada baiknya bersihkan terlebih dahulu.

3. Sabun batang

Penggunaan sabun batangan di rumah tak dianjurkan karena bisa menyebarkan virus, jamur, dan bakteri. Sabun cair cenderung lebih aman, itu pun harus dipastikan kalau loofah tidak dipakai beramai-ramai.

 

3 of 3

4. Lipbalm/Lipstik

4 Fakta Tentang Lipbalm
Lipbalm. (Foto: pixabay.com)

Lipbalm atau lipstik juga alangkah baiknya tidak dipinjamkan ke orang lain. Jika si pemakai lipbalm/lipstik sedang bermasalah dengan bibir sampai mengelupas dan berdarah, darahnya bisa menempel dan penyakitnya bisa tertular ke pemakai lain. Bahkan, flu juga bisa tertular lewat pemakaian lipbalm/lipstik bersamaan lho.

5. Sisir

Mungkin tak pernah terpikirkan olehmu kalau sisir juga baiknya disimpan untuk dipakai sendiri. Pemakaian sisir beramai-ramai berpotensi menularkan infeksi staph, kutu, dan kudis. Jika sisirmu habis dipakai orang lain, bersihkan terlebih dahulu sebelum kamu memakainya lagi.

Lanjutkan Membaca ↓