Sukses

Lifestyle

Tips Membersihkan Ikan Teri agar Empuk dan Tidak Amis

Fimela.com, Jakarta Teri adalah salah satu jenis makanan laut yang mudah ditemui dengan harga cukup murah di pasar. Teri bisa dijadikan tambahan masakan atau justru menjadi menu utama. Namun sebelum memasaknya, satu hal yang perlu diperhatikan adalah cara membersihkannya teri.

Jika teri medan yang lembut dan kecil-kecil bisa dicuci dan langsung diolah, berbeda dengan teri yang ukurannya agak besar. Begini cara membersihkan teri kering sebelum dimasak.

1. Rendam dalam air panas

Teri kering akan keras jika langsung dimasak apalagi digoreng, jadi harus direndam dahulu beberapa lama dengan air panas, kurang lebih 15 menit agar dagingnya empuk.

2. Buang kelapa dan isi perut

Setelah teri empuk, jangan langsung dimasak, tapi buang bagian kelapa dan isi perutnya karena ini yang bisa menimbulkan rasa pahit saat dimasak. Cukup patahkan kepalanya, lalu siapkan tusuk gigi, keluarkan isi perut ikan teri dengan tusuk gigi hingga bersih.

3. Cuka

Setelah selesai membersihkan dari kepala dan isi perut, cuci lagi teri dengan air yang dicampur dengan cuka. Perbandingannya 1:1 untuk air dan cuka, sesuaikan dengan seberapa banyaknya teri yang akan diolah. Cuka akan menghilangkan amis teri.

Setelah proses mencuci dengan cuka, teri bisa diolah atau dimasak menjadi berbagai menu favorit. Inilah cara membuat teri kering empuk dan tidak amis saat dimasak. Semoga bermanfaat.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading