Mengapa Pasangan Suka Berpegangan Tangan?

Ivana Okta10 Jan 2019, 14:08 WIB
Berpegangan tangan

Fimela.com, Jakarta Sangat sepele sekali tapi tidak pernah terlintas di pikiran bukan? Mengapa banyak sekali pasangan yang suka bergandengan tangan? Nah, kali ini Fimela bakal hadirkan jawabannya untukmu.

Sentuhan adalah bentuk komunikasi. Komunikasi nonverbal bukanlah hal yang baru. Seseorang dapat berkomunikasi dengan sentuhan. Berpegangan tangan adalah salah satunya. Selain itu manusia memang sudah diprogram untuk berpegangan tangan. Sejak bayi, saat disentuh tangannya, bayi akan membuka tangan dan menggenggam jari orang yang menyentuhnya.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Psikolog Klinis Dr. James Coan, ditemukan bahwa ketika seseorang berpegangan tangan dengan pasangannya rasa stres yang dirasakan akan berkurang. Saling berpegangan tangan ternyata bisa mengurangi rasa tertekan yang dirasakan seseorang.

Menurut ahli akupunktur, salah satu titik tekanan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan hal-hal seperti sakit kepala, infeksi sinus, sakit gigi, dan pembengkakan ada pada tangan. Memegang tangan pasangan bisa mengaktifkan titik dan meredakan rasa sakit.

Selain itu berpegangan tangan bisa membuat pasangan terasa hangat. Tak cuma itu saja, satu hal paling penting adalah berpegangan tangan merupakan statement bagi setiap pasangan. Pria yang menggenggam tangan pasangannya akan merasa memiliki, perempuan pun akan merasa dimiliki. Karena itu berpegangan tangan menjadi statement bahwa pria dan perempuan tersebut merupakan pasangan.