Tips Membuat Bakso Ikan Kenyal Tak Mudah Hancur Tanpa Bahan Kimia

Febi Anindya Kirana13 Jan 2019, 15:11 WIB
bakso ikan

Fimela.com, Jakarta Bakso tak hanya bisa dibuat dari daging sapi, tapi juga bisa dari ikan, ayam dan lain sebagainya. Bakso daging sapi dengan bakso ikan jelas memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Kebanyakan orang enggan membuat sendiri bakso ikan di rumah karena tak tahan berkutat dengan adonan amis. Belum lagi jika bakso ikan hancur saat direbus dan nantinya juga bau amis saat sudah matang.

Jika biasanya bakso daging sudah kenyal sendiri karena ada kandungan serat dan gelatin daging, berbeda dengan daging ikan yang tanpa banyak lemak dan serat.

Segala hal ini akan mematahkan semangat mereka yang ingin membuat bakso ikan di rumah. Padahal, jika diolah dengan benar bakso ikan bisa kenyal dan tidak hancur ketika matang bahkan tanpa memerlukan tambahan bahan kimia seperti natrium bikarbonat atau baking soda dan lain sebagainya. Kunci rahasianya adalah sabar menguleni adonan dan segera diolah ketika ikannya segar.

  1. Jenis ikan yang umum dipakai adalah ikan tenggiri, blender halus atau keruk dengan sendok dan hancurkan. Jika punya food processor, akan lebih mudah.
  2. Kemudian campurkan dengan putih telur, bawang putih, garam atau penyedap rasa dan tepung maizena, uleni adonan hingga halus.
  3. Untuk 300-400 daging ikan, cukup menambahkan 1 butir putih telur dan 2 sdm maizena serta 3-4 sdt air es.
  4. Proses ini memang membutuhkan waktu agak lama, perlu dibanting-banding berkali-kali hingga adonan elastis.
  5. Setelah itu tinggal membulatkan adonan dan rebus dalam air mendidih.

Jadi, itu dia caranya membuat bakso ikan tanpa hancur dan kenyal. Bisa dicoba di rumah ya.