Ternyata Ini Fungsi Jeruk Nipis pada Hidangan Soto

Febi Anindya Kirana10 Jan 2019, 18:06 WIB
soto

Fimela.com, Jakarta Ketika memesan soto di mana pun, seringkali akan disajikan pula makanan pelengkap seperti kerupuk, sambal dan jeruk nipis. Beberapa orang suka memerasa jeruk nipis ke dalam soto, dan ada pula yang tak memakainya. Namun tahukah sahabat Fimela apa sebenarnya fungsi jeruk nipis dalam setiap hidangan soto?

Ternyata, jeruk nipis pada soto berfungsi sebagai pemberi rasa segar pada soto. Jeruk nipis juga berfungsi menghilangkan bau dan rasa amis daging ayam atau sapi pada soto, menetralkan lemak pada daging soto sehingga dipercaya bisa mengimbangi kadar kolesterol tubuh.

Kuah soto yang sudah sering dihangatkan pasti akan memiliki rasa yang sangat asin, jadi perasan jeruk nipis di sini juga bisa berfungsi menetralkan rasa asin makanan sehingga lebih enak dimakan.

Jadi, jika makan soto, akan lebih enak jika diberi perasan jeruk nipis. Meski begitu, tidak semua orang senang dengan rasa asam jeruk nipis pada soto. Kalau memang lebih bisa menikmati soto tanpa jeruk nipis, tak masalah tidak memberikannya pada soto.

Namun kini jadi tahu kan mengapa selalu disediakan jeruk nipis ketika pesan menu soto?