Kalau Ada Harapan yang Tak Terwujud, Aku Akan Datang dengan Mimpi Baru

Endah Wijayanti11 Jan 2019, 14:17 WIB
mahasiswi akhir 1

Fimela.com, Jakarta Apapun mimpi dan harapanmu tidak seharusnya ada yang menghalanginya karena setiap perempuan itu istimewa. Kita pun pasti punya impian atau target-target yang ingin dicapai di tahun yang baru ini. Seperti kisah Sahabat Fimela ini yang kisahnya ditulis untuk mengikuti Lomba My Goal Matters: Ceritakan Mimpi dan Harapanmu di Tahun yang Baru.

***

Oleh: Vivi Indri Prastika - Malang

Hai, Sahabat Fimela!

Perkenalkan nama saya Vivi Indri Prastika (21 tahun). Saya seorang mahasiswi tingkat akhir jurusan Ilmu Perpustakaan di salah satu universitas di Kota Malang. Menjadi mahasisiwa tingkat akhir menyadarkan saya bahwa sudah waktunya untuk serius menatap masa depan. Berhenti bermain-main dan membuang-buang waktu dengan melakukan hal yang tidak berguna. Saatnya mewujudkan mimpi dan harapan untuk menjadikan hidup saya lebih berarti.

Di tahun 2019 ini, saya memiliki banyak mimpi dan harapan yang ingin saya wujudkan. Mimpi dan harapan yang akan membuat hidup saya berubah. Mimpi dan harapan saya di tahun 2019, yaitu sebagai berikut:

Mendapatkan Gelar Sarjana

Sebagai mahasisiwi tingkat akhir, saya berharap dapat memperoleh gelar sarjana pada tahun ini. Gelar sarjana tidak bisa saya dapatkan dengan mudah, saya harus bolak-balik melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing. Mengerjakan revisi dan terus menyusun bab per bab nya. Saya harus semangat agar mimpi saya tercapai untuk menjadi seorang sarjana. Salah satu langkah untuk menyemangati diri sendiri yaitu dengan menempelkan sticky notes di laptop dan smartphone yang berisi mimpi atau goals saya pada tahun ini. Hal ini memang sederhana, namun ketika melihatnya saya seakan mendapat support system untuk mengerjakan skripsi.

Mendapatkan Pekerjaan

Saya menyadari bahwa setiap tahunnya tingkat pengangguran di Indonesia semakin meningkat. Banyaknya fresh graduate yang mencari pekerjaan, sedangkan lapangan pekerjaan tidak kunjung bertambah. Mendapatkan pekerjaan merupakan mimpi saya pada tahun ini. Menyelesaikan tugas sebagai pelajar dan memulai memasuki dunia kerja. Memang tantangan bagi saya untuk menjadi salah satu dari fresh graduate yang menadapatkan pekerjaan dan saya yakin akan mengalami bagaimana pusingnya mengirim CV kesana kemari.

Saya berharap dapat menjadi seorang pustakawan di sebuah perpustakaan sesuai dengan jurusan yang saya ambil. Tindakan yang saya lakukan untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan ijazah saya yaitu dengan sering-sering melihat website perpustakaan dan melakukan diskusi atau sharing dengan kakak tingkat dan dosen mengenai pekerjaan. Selain itu, saya juga mengasah soft skill saya di luar dunia perpustakaan. Menurut saya meningkatkan soft skill sangatlah penting, siapa tahu saya mendapat pekerjaan di luar dunia perpustakaan, who knows?

 

 

mahasiswi akhir
Ilustrasi./Copyright unsplash.com

Melakukan Self Traveling

Bisa dibilang saya adalah orang yang jarang keluar rumah. Saya merupakan pribadi introvert, sehingga saya lebih suka menghabiskan waktu di dalam rumah. Saya jarang melakukan traveling, selain tidak suka dengan keramaian, saya juga masih diatur oleh orangtua. Dapat dikatakan bahwa saya tidak boleh pergi terlalu jauh dari rumah, sehingga membuat saya kurang suka untuk melakukan traveling. Saya tidak menyalahkan tindakan orangtua yang terkesan sangat protektif terhadap saya, saya yakin mereka melakukan itu karena mereka menyayangi saya.

Untuk itu pada tahun ini saya ingin merasakan self traveling, saya ingin menghilangkan rasa takut terhadap keramaian yang kadang saya alami dan meyakinkan kedua orangtua saya bahwa saya bisa menjaga dan bertanggung jawab pada diri sendiri. Saya ingin ke Yogyakarta atau ke Bandung sebagai tujuan self traveling. Tindakan yang saya lakukan untuk mewujudkan self traveling, yaitu mendewasakan diri agar dapat memperoleh izin orangtua untuk melakukan self travelling, dan melakukan research kegiatan yang bermanfaat saat melakukan traveling selain menikmati keindahan kota dan mengunjungi tempat wisata di sana.

Di atas merupakan tiga mimpi dan harapan terbesar saya pada tahun 2019 ini. Saya berharap dapat mewujudkannya. Saya mengerti kadang rencana yang kita susun tidak sesuai dengan rencana Tuhan. Namun saya akan berjuang untuk mewujudkannya. Apabila mimpi dan harapan saya ada yang tidak terwujud, saya akan datang dengan mimpi dan harapan yang baru. Saya akan berusaha untuk melakukan yang terbaik di tahun 2019. Saya yain tahun 2019 akan indah. Semangat!

Live Streaming KLY Lounge With Geisha

Tutup Video
short desc
1Y Ago

Walau kakinya lumpuh, Hill tetap semangat mencapai mimpinya untuk menjadi penari profesional.

Selengkapnya
short desc
short desc
1Y Ago

Kita tak bisa memaksa semua orang menyukai semua yang kita lakukan, bukankah begitu?

Selengkapnya
short desc
short desc
1Y Ago

Erwin dikenal sebagai mahasiswa yang penuh semangat, cerdas dan disukai teman-temannya juga para dosennya.

Selengkapnya
short desc
short desc
1Y Ago

Oh, jadi ini ya rahasia biar bisa jadi lebih percaya diri?

Selengkapnya
short desc