Sejarah Bakwan Hingga Jadi Gorengan yang Disukai Orang Indonesia

Febi Anindya Kirana13 Jan 2019, 15:05 WIB
bakwan

Fimela.com, Jakarta Menjadi salah satu makanan yang dijual di pinggir jalan sekaligus camilan paling laris dan ada di mana-mana, bakwan menjadi salah satu sajian kuliner yang paling merakyat. Meski menjadi makanan yang disukai siapa saja, namun tak banyak yang tahu seperti apa sejarah bakwan di Indonesia.

Bakwan yang menjadi makanan gorengan, dilansir dari Wikipedia, merupakan makanan yang muncul karena adanya pengaruh dari berbagai budaya, seperti Cina, Jepang bahkan Eropa (Portugis). Saat terjadi perdagangan dan penjajahan, ada banyak pengaruh budaya dari berbagai negara yang masuk ke Indonesia sehingga memperkaya kuliner Indonesia.

Makanan yang dibuat dengan bahan utama tepung terigu dan berbagai sayuran ini diyakini berasal dari Cina, diambil dari kata "Bakwan", dengan "Bak" berarti daging. Diyakini, dulu bakwan terbuat dari daging dan tepung yang digoreng. Ada yang berpendapat bahwa penyebutan bakwan untuk adonan sayur yang digoreng itu salah kaprah karena sebenarnya bakwan adalah sebutan lain dari bakso. Tak heran jika ada gorengan di dalam menu bakso.

Di Jepang, sayur yang digoreng tepung juga cukup umum, disebut dengan "tempura". Bisa jadi sajian kuliner mereka ikut mempengaruhi berkembangnya bakwan di Indonesia. 

Pemilihan sayur sebagai bahan utama juga sering menjadi perhatian, diyakini karena daging susah didapat, maka masyarakat menggantinya dengan bahan makanan yang mudah didapat seperti sayur-sayuran.

Jadi, ternyata seperti itu asal mula sejarah yang dimiliki bakwan sehingga bisa menjadi salah satu makanan Indonesia.