4 Tips Menjernihkan Minyak Bekas agar Bisa Dipakai Lagi

Febi Anindya Kirana14 Jan 2019, 15:41 WIB
minyak goreng

Fimela.com, Jakarta Minyak goreng yang suah dipkai baisaya akan mengalami perubahan warna dan menjadi agak keruh karena bekas gorengan sebelumnya. Namun bukan berarti minyak goreng tak bisa dipakai lagi. Sayang jika langsung dibuang.

Jika masih gorengan pertama, minyak bisa dipakai lagi. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menjernihkan minyak goreng agar bisa digunakan kembali. Ini tips yang bisa dicoba.

1. Disaring

Cara pertama yang paling mudah dan umum untuk mendapatkan minyak tanpa remah-remah gorengan.

2. Didiamkan semalam

Cara kedua adalah dengan mendiamkan minyak hingga sisa gorengan mengendap di dasar wadah, lalu tuang bagian yang jernih saja untuk dipakai menggoreng.

3. Nasi kepal

Untuk minyak yang telah digunakan menggoreng tepung, minyak biasanya akan jadi lebih lebih keruh. Ketika memanaskan minyak, ambil satu kepal nasi secukupnya, lalu masukkan ke dalam minyak sambil digoyang-goyangkan. Sisa gorengan akan menempel di nasi kepal.

4. Arang

Sekilas mungkin arang jutru akan mengeruhkan minyak, namun ternyata arang bisa menjernihkan minyak. Ambil arang kayu dan haluskan, kemudian masukkan ke dalam minyak bekas pakai dan biarkan. Arang akan menyerap sisa gorengan dan menjadikan minyak jernih kembali. Saring dan minyak bisa dipakai lagi.

Itu tips yang bisa dilakukan jika ingin menjernihkan minyak goreng bekas sehingga bisa dipakai lagi.