Tips Menjaga Jari Tangan dari Kelunturan Warna Cincin

Annissa Wulan17 Jan 2019, 09:30 WIB
Ilustrasi perhiasan

Fimela.com, Jakarta Jangan salah, warna cincin juga bisa luntur seiring berjalannya waktu, terutama jika kamu terbiasa menggunakannya terus menerus. Hal ini disebabkan oleh asam di kulit bercampur dengan logam perhiasan.

Nodanya memang tidak berbahaya, namun tidak enak dipandang. Tembaga adalah jenis perhiasan yang paling mungkin luntur.

Namun, jangan khawatir. Dilansir dari sheknows.com, Kamis (17/1/2019), berikut ini adalah beberapa tips mencegah warna perhiasaan, terutama cincin luntur di jari tangan, penasaran?

 

1. Menjaga kulit tetap kering

Jauhkan sabun dan lotion dari tangan untuk menghindari warna perhiasan, terutama cincin yang luntur. Cara-cara sederhana, seperti melepas cincin sebelum mencuci tangan atau sebelum mandi akan sangat membantu.

Hindari menggunakan perhiasan di kolam renang juga. Klorin di kolam renang akan sangat merusak perhiasan dan meninggalkan noda yang mengganggu di kulit.

Menjaga kulit tetap kering dan melapisi perhiasan dengan cat kuku bening

Ilustrasi perhiasan
Ilustrasi perhiasan. Sumber foto: unsplash.com/Andy Holmes.

 

2. Melapisi perhiasan dengan cat kuku bening

Coba membersihkan perhiasan dengan cat kuku bening. Oleskan pelapis polimer ke cincin dan biarkan sampai kering.

Cara ini akan menciptakan penghalang antara kulit dan logam, sehingga perhiasan tidak akan meninggalkan warna pada kulit. Ingat, untuk sering-sering melapisi perhiasan dengan cat kuku bening, karena mudah hilang.

3. Jangan menggunakan perhiasan murah

Benar bahwa apa yang kamu bayar adalah apa yang kamu dapatkan. Perhiasan murah mungkin memang terlihat lebih baik dengan harga terjangkau, namun tidak ada yang bisa menjamin kualitasnya ketika digunakan secara terus menerus.

Perhiasan stainless steel, platinum, dan rhodium cenderung mudah bereaksi terhadap kulit. Carilah logam khusus untuk cincin untuk mengurangi kemungkinan warnanya yang luntur menempel di jari tangan.

Lanjutkan Membaca ↓