Sukses

Lifestyle

Fungsi Kapulaga dalam Masakan, Penguat Rasa dan Aroma

Fimela.com, Jakarta Jika memasak adalah hobimu akhir-akhir ini, kemungkinan besar sahabat Fimela akan menemukan bumbu masakan bernama kapulaga dalam sebuah resep. Umumnya, kapulaga menjadi bumbu masakan gulai atau kari. Namun apa sebenarnya fungsi utama kapulaga dalam masakan?

Kapulaga berperan memberi aroma harum, menghilangkan bau tak sedap dan kuat pada makanan, terutama yang berbahan amis atau cenderung menimbulkan bau seperti pada daging sapi dan kambing. Kapulaga diperkirakan diperkenalkan dan diperdagangkan di Indonesia sekitar tahun 1986, seperti dilansir dari Detik.

Bumbu gulai dan kari tak akan lengkap dan terasa sama tanpa adanya kapulaga. Kapulaga yang memiliki aroma yang kuat bukan hanya memberi aroma kuat yang sedap pada masakan, dilansir dari Wikipedia, kapulaga juga menjadi campuran jamu dan obat-obatan herbal.

Makanan khas Timur Tengah atau India seringkali menggunakan rempah ini dalam berbagai olahan masakan. Pengaruh masakan Timur Tengah sangat kuat di Indonesia sehingga tak heran jika kemudian kini banyak makanan Indoensia juga menggunakan rempah ini dalam bumbu masakan. Apalagi tanah Indonesia sangat cocok sebagai tempat menanam pohon kapulaga, sehingga produksinya mudah ditemui.

Dilansir dari Wikipedia, kapulaga bahkan menjadi rempah termahal ketiga di dunia, setelah saffron dan vanilla. Wah, begitu istimewanya rempah beraroma kuat ini. Kini sudah tahu kan apa fungsi kapulaga dalam masakan. Jadi jangan sekali-kali menghilangkan kapulaga jika di dalam resep masakan tersebut menyebutkannya ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading