Mengapa Banyak Perempuan Susah Bedakan Kanan dan Kiri?

Ivana Okta17 Jan 2019, 08:16 WIB
Perempuan

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang bisa membedakan kanan dan kiri dengan mudah. Tapi ternyata tak sedikit yang kesusahan untuk membedakan arah kanan dan kiri dengan cepat. Ternyata hal ini banyak dialami oleh perempuan dan orang yang sudah tua lho Sahabat Fimela. Mengapa demikian?

Penelitian menjelaskan bahwa orang yang tidak bisa membedakan antara kanan dan kiri mengalami proses yang kompleks. Ini karena banyak elemen yang mempengaruhi sosok ini sehingga saat membedakan kanan dan kiri ia jadi kesulitan. Elemen tersebut di antaranya kemampuan sensorik, pengolahan informasi visual, skill bahasa, dan ingatan.

Saat orang lain memberikan arahan untuk belok kanan atau kiri, orang ini akan panik. Saat menerima arahan, mereka akan berhenti sebentar untuk memikirkannya. Ini karena pada waktu itu, otak sadar bahwa perintah itu berubah menjadi hal yang tidak "nyaman" untuk diproses.

Dibandingkan pria, perempuan lebih susah membedakan kanan dan kiri, mengapa demikian? Ini ternyata berkaitan dengan zaman dahulu. Dulu kala pria bertugas sebagai pemburu sedangkan perempuan sebagai pengumpul makanan. Pria lah yang bertugas mencari mangsa untuk dimakan, sedangkan perempuan di tempat tinggalnya mengasuh dan melakukan hal lain. Perempuan lebih multitasking sehingga tidak memiliki patokan di salah satu bagian tangan. Karena itulah membedakan kanan dan kiri cukup susah bagi mereka.