Sukses

Lifestyle

Tips Mengatasi Gigi Berlubang di Rumah dengan Fluoride

Fimela.com, Jakarta Gigi berlubang dapat menimbulkan sakit gigi yang hampir tidak tertahankan. Rasa sakit itu timbul akibat adanya bakteri yang mengisi lubang pada gigi tersebut.

Kerusakan gigi, dilansir dari Mayo Clinic, terjadi akibat tiga hal. Pertama, bakteria di dalam mulut yang bertahan di sana akibat banyaknya plak gigi. Plak terbentuk akibat sisa-sisa makanan tidak dibersihkan dengan tuntas dan masih tertinggal di sela gigi serta gusi dalam waktu yang lama.

Kedua, plak gigi menimbulkan asam yang dapat menembus lapisan email gigi. Karena itulah gigimu bisa berlubang. Bakteria yang masih hidup di dalam mulutmu lantas masuk ke dalam lubang tersebut dan menembus lapisan terlunak gigi, dentin.

Di dalam dentin, Mayo Clinic menulis, terdapat sebuah tabung yang isinya saraf. Karena itulah, ketika gigi berlubang akan timbul rasa sakit atau ngilu akibat makanan serta minuman yang terlalu dingin.

Biasanya, dokter akan menambal gigi yang berlubang atau memasang crown untuk menutup lubang tersebut. Namun, bisakah kamu mengatasi gigi berlubang sendiri di rumah tanpa bantuan dokter gigi?

Menyemprotkan Fuoride

Dilansir dari Self.com, semakin ringan kerusakan gigi, semakin mudah untuk dibetulkan. Jika gigi hanya bolong dan belum ada rasa sakit dan infeksi, dokter biasanya akan menyemprotkan fluoride. 

Fluoride merupakan sebuah mineral yang dapat memperbaiki gigi berlubang. Sahabat Fimela pun sebenarnya dapat melakukannya di rumah dalam bentuk obat kumur khusus. Namun, tingkat fluoride yang dapat kamu gunakan di rumah biasanya memang lebih rendah dan tidak sekuat fuoride yang disemprotkan dokter gigi. Namun tetap dapat membantu memperbaiki gigi berlubang. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading