Sukses

Lifestyle

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ISFJ, Simak di Sini!

Fimela.com, Jakarta Pernah dengar soal 16 tipe kepribadian dari tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)? MBTI merupakan bentuk tes yang dikembangkan oleh Isabel Meyers dan ibunya Katherine Briggs berdasarkan teori-teori dari psikoanalis Carl Jung. Dari penggolongan 16 tipe kepribadian, salah satu tipe yang paling banyak dimiliki oleh penduduk dunia adalah ISFJ.

Orang dengan tipe kepribadian ISFJ ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Dilansir dari verywellmind.com, ada empat kelebihan dan empat kekurangan yang cukup menonjol dari orang dengan kepribaian ISFJ ini. Selengkapnya, yuka langsung simak infonya berikut ini.

Kelebihan Orang dengan Kepribadian ISFJ

1. Dapat diandalkan.

2. Menyukai hal-hal yang praktis.

3. Sangat peka dengan emosi dan perasaan orang lain.

4. Sangat teliti dan jeli.

Seorang ISFJ cenderung tak menyukai hal-hal yang abstrak dan teoritis. Lebih suka hal-hal yang praktis dan berkaitan langsung dengan yang sedang ada di lingkungan dan sekitarnya. Meski peka dan sangat bisa memahami emosi serta perasaan orang lain, seorang ISFJ justru cenderung tertutup dengan perasaannya sendiri. Ketika sedih atau punya masalah, dia cenderung menyimpan dan memendamnya sendiri karena tak ingin merepotkan orang lain.

Kemampuan seorang ISFJ dalam mengamati dan memperhatikan hal-hal kecil dan detail di sekitarnya juga sangat bagus. Matanya bisa sangat tajam untuk mengingat setiap hal yang ada di sekitarnya. Jadi, walaupun dari luar ia tampak begitu pendiam tapi di dalam otaknya ia sedang merekam banyak hal.

Kekurangan Orang dengan Kepribadian ISFJ

1. Tidak menyukai konsep-konsep abstrak.

2. Suka menghindari konflik atau konfrontasi.

3. Kurang menyukai perubahan.

4. Sering mengabaikan kebutuhan dan emosi sendiri.

Hal-hal yang terlalu abstrak dan tidak aplikatif kurang disukai seorang ISFJ. Dia baru tertarik pada sesuatu jika hal tersebut bisa memberi manfaat nyata dan langsung untuk perubahan di sekitarnya. Seorang ISFJ juga kurang menyukai perubahan, tapi bukan berarti tidak bisa beadaptasi dengan perubahan yang ada. Hanya saja memang dia bakal butuh waktu yang agak lebih banyak untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada.

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan yang ada ini, kita akan lebih mudah untuk memposisikan diri dengan situasi dan keadaan yang ada. Semoga infonya bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading