Daripada Julid, Mending Sibuk Membuat Diri Lebih Produktif

Endah Wijayanti23 Jan 2019, 14:17 WIB
julid

Fimela.com, Jakarta Apapun mimpi dan harapanmu tidak seharusnya ada yang menghalanginya karena setiap perempuan itu istimewa. Kita pun pasti punya impian atau target-target yang ingin dicapai di tahun yang baru ini. Seperti kisah Sahabat Fimela ini yang kisahnya ditulis untuk mengikuti Lomba My Goal Matters: Ceritakan Mimpi dan Harapanmu di Tahun yang Baru.

***

Oleh: Irena Ariza - Jakarta Barat

Mempunyai impian sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Seperti kata teman Fimela, “Apapun mimpi dan harapanmu tidak seharusnya ada yang menghalanginya karena setiap perempuan itu istimewa." Tidak hanya perempuan ya, semua gender berhak untuk memiliki mimpi. Nah, berikut ini beberapa resolusi yang patut kamu coba di tahun 2019 ini, dimulai dari hal yang sederhana.

Banyak Membaca dan Banyak Menulis (Journaling)

Mulai menantang diri untuk membaca “one book one month”. Bisa membaca buku apa saja, kegiatan ini bertujuan untuk memicu otak agar tetap bekerja seimbang. Selain menantang diri untuk lebih giat membaca, membiasakan diri untuk menulis merupakan salah satu daftar resolusi yang patut dicoba di awal tahun 2019 ini, Kenapa? Karena secara tidak sadar kegiatan menulis ini dapat membuat otakmu tetap bekerja.

Nah, di sini kalian bisa mulai dengan menulis hal-hal kecil yang membuat hidup kalian bahagia di hari itu, atau hal-hal yang penting yang dapat memotivasi kalian minimal 5 hingga 10 kalimat. Sebaiknya aktivitas ini dilakukan setiap pagi sebelum memulai aktivitas sehari-hari atau lebih baik lagi di malam hari setelah melakukan aktivitas. Gunanya apa? Nah gunanya tidak hanya sebagai pengingat/memori tapi juga untuk melatih diri untuk lebih bersyukur sekalipun kamu mengalami situasi atau kondisi yang buruk, lebih bahagia dan merasa lebih cukup. Daripada ngejulid nggak karuan lebih baik mulai resolusi ini, selain bikin kualitas diri jadi lebih baik, hari-harimu juga terasa lebih produktif.

 

 

 

Uang
Ilustrasi (iStockphoto)

Menabung Menuju “Financial Freedom”

Hal yang tampak sederhana tetapi paling sulit dilakukan adalah menabung. Dalam kondisi tertentu terkadang gampang untuk dilakukan, tapi kalau sudah liat promo olshop yang menggoda, tentunya hasrat ini agak susah buat dibendung. Gimana nih caranya biar bisa menabung dan bisa mencapai financial freedom? Nah mulai deh dengan membagi setiap porsi/post pengeluaran kalian di setiap bulan, dan mulai mencatat semua pengeluaran yang kalian keluarkan di setiap harinya. Gunanya apa? Gunanya supaya semua pengeluaran dapat dikontrol dengan baik. Mulai paksakan porsi untuk menabung ini di setiap bulan minimal 10% dari total sumber pemasukan kalian. Memang akan terasa sulit di awal, tapi kalau ingin mencapai kebebasan finansial, kenapa enggak, ya kan?

Mulai Memantaskan Diri

Ngomongin cara memantaskan diri, kali ini akan dibahas belajar tentang emosi. Belajar emosi berarti belajar untuk mengontrol diri dan mengubah sikap serta pandangan akan sesuatu hal. Gimana caranya mengontrol emosi? Caranya dengan melihat segala sesuatu dengan positif, sebaiknya dapat kalian melakukannya dengan mulai mengenali apa kelebihan dan kekurangan kalian, mengenali dan mengakuinya sebagai salah satu poin penting dalam hidup kalian dan mulai mengubah pandangan-pandangan negatif sebagai bentuk positif diri.

Itulah beberapa resolusi yang menarik untuk dicoba di awal tahun 2019. Tertarik untuk mencobanya? Yuk mulai!