3 Trik Menyetrika Baju yang Tepat

fitriandiani25 Jan 2019, 09:00 WIB
5 Perangkat Elektronik yang Bikin Tagihan Listrik Bengkak

Fimela.com, Jakarta Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjaga baju tetap awet baik dari segi kualitas, bentuk maupun warnanya adalah dengan mengetahui cara menyetrika yang tepat. Mungkin dianggap remeh temeh, namun nyatanya menyetrika juga butuh pengetahuan khusus jika ingin baju tidak cepat rusak.

Secara tidak langsung, cara menyetrika baju ini juga berpengaruh pada penampilan kamu. Untuk itu, tidak ada salahnya menyimak tips menyetrika baju di bawah ini yang dirangkum Fimela, Jumat (23/1).

1. Setrika dengan arah memanjang

Arah menyetrika baju akan amat mempengaruhi bentuknya. Sebaiknya baju disetrika dengan arah memanjang dari bagian atas ke bawah baju atau sebaliknya. Menyetrika ke arah sisi kanan kiri baju akan membuatnya cepat melar.

2. Pastikan suhunya pas

5 Langkah Ini Bisa Buat Pakaian Rapi Tanpa Setrikaan (M)
Ilustrasi setrika pakaian.

Beberapa baju memiliki panduan khusus untuk menyetrikanya pada label yang tergantung. Perhatikan hal tersebut, apalagi jika itu adalah baju kesayanganmu.

Baju-baju yang tak perlu disetrika dengan suhu tinggi baiknya didahulukan, baru setelah itu baju bahan katun, linen, atau bahan lain yang cenderung lebih tebal.

3. Jangan disetrika saat lembap

Selain akan merusak bahan, menyetrika baju dalam kondisi lembap juga akan membuatnya bau meski sudah diberi pewangi. Tak perlu matahari, kamu bisa mengeringkannya dengan didekatkan pada sumber angin saja.

Lanjutkan Membaca ↓