Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian ISFP, si Kalem yang Pecinta Damai

Fimela.com, Jakarta Selalu menarik untuk mencari tahu soal karakter dan tipe kepribadian kita. Kepribadian bisa digolongkan dan diklasifikasikan dengan berbagai tipe. Salah satunya adalah tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Dalam penggolongan tersebut, terdapat 16 tipe kepribadian yang salah satu di antaranya adalah ISFP.

ISFP (introverted, sensing, feeling, perceiving), orang dengan tipe kepribadian ISFP ini umumnya dikenal sebagai pribadai yang pendiam, kalem, dan ramah. Dilansir dari verywellmind.com, menurut David Keirsey, kreator Keirsey Temperament Sorter, terdapat sekitar 5-10 persen orang memiliki tipe kepribadian ISFP. Seorang ISFP pun dikenal memiliki sejumlah ciri dan karakter berikut ini.

1. Sering Menunda dalam Pembuatan Keputusan

Ketika sedang dihadapkan pada berbagai pilihan, seorang ISFP seringkali menunda untuk membuat keputusan. Dia akan menunggu apakah bakal ada perubahan atau mungkin bakal muncul pilihan-pilihan baru yang sekiranya lebih baik lagi.

2. Ramah dan Kalem

Sebagai seorang introver, orang dengan kepribadian ISFP ini selalu butuh waktu untuk menyendiri setelah menghabiskan waktu bersama orang lain. Ketika menyendiri, ia sedang mengisi ulang energi tubuhnya. Selain itu, seorang ISFP juga lebih suka berkumpul dengan teman, keluarga, dan orang-orang yang benar-benar dekat daripada dengan orang banyak yang tidak ia kenal dengan baik.

3. Peduli dan Pecinta Damai

Meski seorang ISFP tampak tertutup, tapi ia bisa sangat peduli dan pengertian dengan orang-orang di sekitarnya. Ia bisa dengan sangat mudah menerima orang lain apa adanya. Seorang ISFP pun dikenal sebagai pecinta damai karena tak suka dengan konflik atau perselisihan yang tak ada gunanya.

4. Sangat Jeli terhadap Hal-Hal Kecil

Seorang ISFP bisa sangat jeli dan teliti pada hal-hal rinci dan detail. Dia bisa jadi pengamat yang baik untuk hal-hal yang ada di sekitarnya.

5. Kurang Suka Hal-Hal yang Terlalu Teoritis

Hal-hal yang terlalu teoritis kurang disukai oleh seorang ISFP. Dia lebih suka hal-hal yang praktis dan bisa segera dilakukan untuk menyelesaikan situasi atau keadaan yang ada. Kalau ada sesuatu yang terlalu ribet atau rumit dilakukan, dia akan mencari solusi atau jalan keluar yang lain.

Sejumlah orang terkenal yang berkepribadian ISFP, antara lain Marilyn Monroe, Auguste Rodin, David Beckham, dan Neil Simon. Lima ciri di atas adalah karakter umum seorang ISFP. Jadi, apakah di antara kita ada yang sekiranya memiliki kepribadian ISFP ini?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading