Sukses

Lifestyle

Panduan untuk Pengalaman Road Trip Tak Terlupakan di New Zealand

Fimela.com, Jakarta Awal tahun merupakan momen yang tepat untuk merencanakan liburan karena masih ada banyak waktu untuk mencari transportasi dan akomodasi sesuai anggaran. Dengan membuat rencana perjalanan bisa membuatmu menjadi lebih bersemangat setiap hari karena memiliki hal yang dinantikan, seperti mengunjungi berbagai tempat yang seru.

Sebagai inspirasi, New Zealand menawarkan keramahan penduduk lokal dengan beragam pengalaman unik yang mudah dijangkau. Seperti bisa mencelupkan jari-jari kaki di perairan yang sangat jernih, berinteraksi dengan penguin langka, berdiri di atas gunung berapi aktif, dan memperkaya pengetahuan dengan budaya baru.

Melakukan road trip di New Zealand bisa menjadi pilihan yang terbaik jika ingin lebih fleksibel dalam memutuskan kapan, di mana, dan bagaimana cara menikmati liburan terbaikmu. Berkendara dengan dikelilingi pemandangan alam New Zealand yang indah akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tourism New Zealand merekomendasikan dua rute untuk pengalaman roadtrip terbaik:

Pulau Selatan: Dari pegunungan menjulang hingga teluk berpasir

Berkendara sejauh 890 km untuk menjelajahi Dunedin yang bersejarah, berjalan-jalan di sepanjang pantai Caitlins yang sepi, melihat satwa liar setempat, dan menikmati fiords yang indah di Milford Sound.

Rekomendasi perjalanan:

Hari pertama: Menjelajahi Christchurch

Mulai perjalanan di Pulau Selatan dengan mengunjungi Christchurch yang kini telah berkembang menjadi kota kontemporer dan kreatif. Budaya kafe di Christchurch sangat populer. Kamu dapat mencoba kopi khas New Zealand ‘Flat White’ - yang secara tradisional merupakan minuman bertekstur dengan sedikit susu. Jangan lupa untuk mencoba punting di Avon River atau Port Hills untuk pengalaman berperahu santai dengan pemandangan indah.

Hari kedua: Berkendara ke Dunedin

Lanjutkan perjalananmu ke Dunedin dan berhenti di Taieri Gorge Railway untuk melihat arsitektur lokal Gothic dan belajar tentang sejarah kawasan ini. Setelah itu, kunjungi Otago Peninsula yang indah untuk menyaksikan penguin bermata kuning yang langka di habitat aslinya.

Hari ketiga: Menjelajahi hutan belantara di Caitlins

Berhenti di Caitlins untuk melihat keindahan alam liar yang belum terjamah. Jangan lewatkan air terjun Purakaunui, Tautuku Bay yang terbentang luas, atau mercusuar di atas Nugget Point yang ikonis.

Hari keempat: Mengelilingi Fiordland National Park

Fiordland National Park terkenal akan pantainya yang memesona, hutan purba, dan pemandangan gunung yang spektakuler. Jika berjalan lebih jauh ke dalam taman, kamu dapat melihat langsung keindahan Milford Sounds yang menjadi tujuan populer bagi para selebriti Indonesia seperti Dimas Anggara dan Nadine Chandrawinata.

 

Pulau Utara: Dari Hobbiton sampai sumber air panas

Pergi berkendara sejauh 314 km melintasi Middle-earth untuk mengunjungi lokasi shooting film Lord of the Rings, mempelajari budaya setempat, mandi di sumber mata air panas alami, dan menjelajahi White Island - gunung berapi aktif.

Rekomendasi perjalanan:

Hari pertama: Mulai perjalanan Anda dari Auckland

Ada begitu banyak hal yang bisa dilihat di Auckland, sebuah kota besar yang dinamis dengan pemandangan alam yang spektakuler. Anda bisa mencoba bungy jumping dari menara tertinggi New Zealand, Sky Tower, sebelum akhirnya menuju ke Waitakere Ranges untuk mengunjungi air terjun tersembunyi atau kayaking ke Rangitoto saat matahari terbenam.

Hari kedua: Menjelajahi Hobbiton

Coba berkendara ke arah selatan untuk sampai ke Hobbiton, sebuah perbukitan hijau di mana keajaiban film Lord of the Rings terjadi. Nikmati melihat pemandangan dari gerbang depan Hobbit, menari di bawah party tree, mengelilingi The Shire, serta mencoba berbagai macam camilan di The Green Dragon Inn. Anda tidak hanya akan mendapat kesempatan untuk mengunjungi lokasi pembuatan film trilogi yang terkenal, tapi juga memiliki foto-foto yang bagus untuk Instagram.

Hari ketiga: Melebur dengan budaya lokal dan menyatu dengan alam

Perhentian selanjutnya adalah Rotorua yang terkenal dengan kehangatan penduduk lokalnya atau yang disebut dengan ‘Manaakitanga’. Rotorua memiliki berbagai keajaiban geotermal, termasuk sumber air panas alami, semburan geiser, dan kolam lumpur yang menggelegak. Anda juga bisa mempelajari berbagai macam budaya Maori (penduduk asli New Zealand) di Rotorua, dari pertukaran salam Hongi (ritual saling menempelkan dahi dan hidung) hingga mencoba santapan Hangi (makanan khas Maori). Jangan lupa juga untuk mencoba aktivitas-aktivitas pemicu adrenalin, seperti arung jeram, bersepeda gunung, atau ziplining.

Apabila Anda masih memiliki cukup tenaga, coba berkendara selama setengah jam menuju selatan untuk berendam dan bersantai di sungai Kerosene Creek yang memiliki air panas bumi.

Hari keempat: Berdiri di atas gunung berapi aktif

Saatnya melanjutkan perjalanan menuju timur ke kota pesisir Whakatane, di mana Anda dapat berlayar atau terbang ke White Island - satu-satunya gunung berapi aktif di New Zealand. Nama Maori dari pulau tersebut adalah 'Te Puia o Whakaari' atau 'gunung berapi dramatis'. Apabila Anda memandang ke bawah dari dinding kawah, Anda bisa menyaksikan gunung tersebut mengeluarkan gemuruh dan desis dari ventilasi uap.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading