3 Cara Ringankan Nyeri PMS yang Menyiksa

fitriandiani31 Jan 2019, 06:00 WIB
Ilustrasi PMS

Fimela.com, Jakarta Pre Menstrual Syndrome atau PMS memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain perubahan mood yang cepat dan timbulnya masalah kulit, PMS juga sering mengakibatkan kram perut.

Bagi sebagian perempuan kram perut ini bisa teramat menyiksa. Tak melulu karena ada 'gangguan' pada organ kewanitaan, tapi bisa karena hormon yang mengganggu kestabilan tubuh.

Jika kamu termasuk salah satu yang mengalaminya, coba periksakan ke dokter. Kram perut berlebih itu bisa terjadi karena ada 'gangguan' pada organ kewanitaan. Namun, jika memang tidak ada apa-apa, mungkin kamu hanya perlu sedikit mengubah gaya hidup dengan melakukan tiga hal ini:

Olahraga

Melansir dari Cosmopolitan, olahraga seperti renang, yoga dan jogging mampu meminimalisir rasa tidak nyaman pada tubuh saat PMS. Dalam seminggu, usahakan paling tidak berolahraga selama satu jam daripada meringkuk tak berdaya menjelang dan/atau saat menstruasi.

 

Cara Kurangi Nyeri PMS

Fakta di Balik 5 Mitos Populer Seputar PMS (Sam Aus/Shutterstock)
Fakta di Balik 5 Mitos Populer Seputar PMS (Sam Aus/Shutterstock)

Kurangi Kafein

Konon kafein bisa memperparah kondisi tubuh ketika PMS. Coba kurangi kafein untuk meminimalisir rasa sakit ketika PMS, paling tidak coba kurangi dosisnya menjelang tanggal datang bulan.

Pijat

Refleksologi pada tangan dan kaki disebut bisa meredakan banyak gangguan tubuh seperti sakit kepala, mudah lelah, dan pegal otot jelang datang bulan. Pijat bisa memberi sensasi rileks pada tubuh dan berpengaruh pada suasana hati.

Lanjutkan Membaca ↓