Sukses

Lifestyle

5 Ciri Kepribadian INFP, si Sensitif yang Sangat Teliti

Fimela.com, Jakarta INFP (introversion, intuition, feeling, perception) adalah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator. Seseorang dengan tipe kepribadian INFP ini umumnya dikenal sebagai mediator atau idealis. Sebagai seorang introver, INFP mungkin sepintas akan dikenal sebagai pribadi yang pemalu atau tertutup.

Dilansir dari verywellmind.com, orang dengan kepribadian INFP ini cenderung idealis, kreatif, dan sangat menjaga nilai-nilai yang selama ini diyakininya. Orang dengan tipe kepribadian INFP ini juga punya minat dan ketertarikan tinggi untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Untuk mengetahui lebih jauh soal ciri kepribadian INFP, yuk kita ungkap lima karakter umumnya.

1. Punya Minat yang Tinggi Menciptkan Dunia yang Lebih Baik

Seorang INFP sering menghabiskan waktunya untuk mencari tahu dan mengeksplorasi tujuan hidupnya dan mencari cara agar mereka bisa memaksimalkan dan menggunakan keahlian dan kemampuannya untuk kemanusiaan. Dengan kata lain, seorang INFP punya keinginan kuat untuk bisa membuat dirinya berarti atau bermakna di kehidupan ini.

2. Cepat Merasa Capek saat Bersosialisasi

Seorang INFP bukannya tak suka bersosialisasi. Hanya saja setelah bertemu banyak orang atau berinteraksi secara sosial, ia akan selalu membutuhkan waktu untuk sendiri. Hal ini bukan berarti dia pemalu. Hanya saja memang dia selalu membutuhkan ruang dan waktu untuk menyendiri untuk bisa mengisi kembali energinya yang sudah habis.

3. Sangat Sensitif pada Perasaan Pribadi

Kadang saat membuat keputusan, seorang INFP lebih mengandalkan pada perasaan pribadi daripada informasi yang objektif. Selain itu, seorang INFP juga bisa sangat peduli dan punya empati tinggi pada perasaan orang lain. Walaupun begitu, terhadap perasaannya sendiri seorang INFP umumnya cenderung tertutup dan menyembunyikannya sendiri.

4. Sangat Teliti terhadap Hal-Hal Kecil

Saat mengerjakan sebuah project, seorang INFP bisa sangat teliti terhadap hal-hal kecil. Akan tetapi, dia cenderung mengabaikan hal-hal yang membosankan dan terlalu biasa. Paling mudah melihat sesuatu dari gambaran besar atau utuhnya.

5. Sering Mengulur Waktu saat Akan Membuat Keputusan

Ketika dihadapkan pada berbagai pilihan, seorang INFP biasanya akan mengulur waktu. Dia cenderung menunggu terlebih dahulu sebagai jaga-jaga kalau ada situasi yang berubah. Saat membuat keputusan, seorang INFP biasanya mendasarkan keputusannya berdasarkan nilai-nilai pribadinya dan bukan pada logikanya.

Sejumlah public figure yang memiliki kepribadian INFP ini antara lain, Audrey Hepburn, JRR Tolkien, Putri Diana, William Shakespeare, dan Fred Rogers. Biasanya untuk lebih memastikan jenis atau tipe kepribadian kita, kita perlu mengikuti atau melakukan serangkaian tes.

Lima ciri di atas adalah karakter umum yang dimiliki seorang INFP. Semoga infonya bisa jadi referensimu untuk mengenali karakter diri sendiri maupuan karakter orang lain, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading