Sukses

Lifestyle

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian INTP, Simak di Sini yuk!

Fimela.com, Jakarta Apakah kita merasa memiliki ciri-ciri kepribadian INTP? Tipe kepribadian INTP (introverted, intuitive, thinking, perceiving) adalah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Kali ini kita akan coba mengungkap lebih jauh lagi soal kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh orang dengan tipe kepribadian INTP ini.

Dilansir dari verywellmind.com, menurut psikolog David Keirsey, sekitar satu hingga lima persen populasi memiliki tipe kepribadian INTP. Apakah kita termasuk dalam golongan tersebut? Yuk, simak di sini sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki orang dengan tipe kepribadian INTP.

Kelebihan Seorang INTP

1. Logis dan objektif,

2. Pemikir yang abstrak.

3. Mandiri.

4. Setia dan sangat penyayang pada orang-orang yang dicintainya.

Sebelum melakukan sesuatu atau memberikan pendapat, seorang INTP biasanya akan butuh waktu untuk berpikir mendalam. Sangat logis dalam menyikapi sesuatu dan termasuk pemikir yang efisien. Menyukai konsep-konsep yang abstrak dan teoritis. Meski mungkin tak memiliki banyak teman atau kenalan, tapi seorang INTP bisa sangat setia dan benar-benar menyayangi orang-orang terdekatnya.

Kekurangan Seorang INTP

1. Sulit dipahami.

2. Kadang kurang peka.

3. Sering meragukan diri sendiri.

4. Tak suka diberi aturan.

5. Sulit mengekspresikan emosi dan perasaan sendiri.

Karena seorang INTP bisa terlihat tertutup, dia jadi sering susah untuk dipahami atau didekati. Apalagi seorang INTP juga kadang tidak bisa mengekspresikan emosi dan perasaannya dengan baik, sehingga makin susah untuk ditebak isi hatinya. Selain itu, seorang INTP juga kadang suka meragukan dirinya sendiri dan merasa kurang percaya diri. Kurang suka dibatasi oleh struktur dan aturan yang terlalu mengekang.

Dengan memaksimalkan kelebihan yang kita punya, kita bakal lebih mudah mencapai kesuksesan yang kita inginkan. Semoga info ini bisa jadi referensi yang bermanfaat untuk mengenali dirimu dengan lebih baik, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading