Tips Mudah Mencuci Daging Ayam Agar Bebas Bakteri

Ivana Okta30 Jan 2019, 17:15 WIB
daging ayam

Fimela.com, Jakarta Salah satu bahan masakan yang paling mudah ditemui dan diolah adalah ayam. Yup, ayam bisa menjadi berbagai masakan lezat yang sangat menggugah selera. Saat mentah, daging ayam mengandung banyak bakteri, seperti Salmonella, E. Coli, Enterokokus, dan Campylobacter. Karena itulah sebelum memasaknya, daging ayam harus benar-benar dibersihkan dengan baik.

Sebenarnya daging ayam tidak perlu dicuci dengan air karena semua bakteri akan mati saat proses memasak. Namun beberapa orang merasa ayam belum bersih jika belum dicuci. Jika demikian, sebaiknya rendam dulu daging ayam dengan air hangat selama 10-15 menit, baru kemudian membilasnya dengan air mengalir.

Cara lain yang bisa digunakan adalah siram daging ayam dengan cuka atau jeruk lemon untuk mengurangi bakteri yang dikandungnya, diamkan selama beberapa saat dan bilas dengan air yang mengalir.

Agar bakteri benar-benar hilang pastikan untuk memasak daging ayam dengan matang. Jangan sampai ada bagian yang masih berwarna merah muda, karena itu mengindikasikan bahwa daging ayam baru setengah matang dan bakteri-bakteri di dalamnya masih belum mati.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Fimela.