Sukses

Lifestyle

Barang-Barang yang Tak Boleh Menjadi Kado Saat Chinese New Year

Fimela.com, Jakarta Nuansa Chinese New Year atau Imlek sudah mulai kentara. Banyak brand fashion yang sudah mengeluarkan koleksi khusus, dekor atraktif di mall pun mulai dimeriahkan dengan ornamen-ornamen khas Tionghoa.

Sebagain orang juga mungkin tengah sibuk menyiapkan kado untuk kerabat yang merayakannya. Di tengah kebingungan memilih kado yang tepat, usahakan untuk memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam budaya mereka. Seperti jangan memilih kado yang tidak tepat dan dipercaya akan membawa sial.

1. Payung & Benda Tajam

Alih-alih mempererat hubungan, yang ada kamu dianggap ingin memutuskan hubungan karena begitulah filosofi payung dan benda tajam dalam budaya Tionghoa.

2. Bunga

Seringkali bunga dianggap sebagai simbol cinta, namun tidak dalam budaya Tionghoa yang menganggap bunga adalah simbol kematian. Baiknya jangan beri kado bunga untuk momen Chinese New Year, namun jika terpaksa, setidaknya pilihlah bunga berwarna merah, karena merah merupakan simbol kemakmuran.

 

3. Jam Tangan

Meski bagus dan layak dijadikan kado, tapi jam tangan baiknya dihindari. Sebab, pelafalan "memberikan jam tangan" dalam bahasa Cina terdengar sama seperti "menghadiri ritual pemakaman". Jadi, kado jam tangan dianggap simbol buruk.

4. Sepatu

Meski diberi hadiah sepatu itu menyenangkan, namun dalam budaya Tionghoa sepatu merupakan representasi kemalangan. Di samping itu, sepatu juga akan diletakkan di kaki dan diinjak-injak. Jadi, sepatu juga bukan hadiah Imlek yang tepat.

5. Apapun yang Berwarna Hitam-Putih

Jangan sampai mertas atau kotak kado, angpao, maupun isinya ada yang berwarna dominan hitam dan putih. Sebab warna tersebut adalah simbol nasib buruk. Baiknya pilihlah warna merah yang merupakan warna keberuntungan mereka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading