5 Ciri Kepribadian ESTJ, si Praktis yang Kadang Keras Kepala

Endah Wijayanti31 Jan 2019, 09:43 WIB
Zodiak

Fimela.com, Jakarta ESTJ (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging) adalah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Biasanya untuk mengetahui kita masuk dalam golongan atau tipe kepribadian apa, kita perlu mengikuti tes khusus. Tapi kita bisa mencoba mencari tahu tipe kepribadian kita dari ciri-ciri umum masing-masing tipe kepribadian.

Tipe kepribadian ESTJ dikenal dengan karakternya yang suka hal-hal praktis. Dilansir dari verywellmind.com, seorang ESTJ lebih suka hal-hal yang konkret dan menyukai segala rencana bisa berjalan lancar sesuai dengan aturan yang sudah dibuat. Untuk mengetahui lebih jauh soal tipe kepribadian ESTJ ini, yuk kita kenali lima ciri utamanya berikut ini.

1. Menyukai Hal-Hal yang Sangat Praktis

Seorang INTJ lebih suka hal-hal yang praktis. Dalam artian lebih tertarik mempelajari hal-hal yang jelas kegunaannya untuk bisa diterapkan langsung di dunia nyata. Dan kurang menyukai hal-hal yang abstrak atau yang sifatnya teoritis. Lebih suka fakta daripada informasi abstrak.

2. Kadang Bisa Keras Kepala

Seorang ESTJ lebih menyukai kebiasaan dan rutinitas yang bisa diikuti dengan cukup terukur. Hal ini kadang membuatnya tidak fleksibel dan keras kepala karena agak sulit menerima perubahan. Selain itu, ia lebih suka jadi orang yang mengontrol segalanya dan bukan dikontrol orang lain.

3. Punya Rasa Percaya Diri Tinggi

Bisa diandalkan dalam mengeksekusikan rencana menjadi tindakan nyata. Rasa percaya dirinya pun terbilang tinggi. Hanya saja ketika orang lain tak bisa memenuhi standar yang sudah dibuat dan ditetapkannya, dia bisa jadi sangat kritis.

4. Bisa Sangat Blak-blakan dalam Berpendapat

Ketika memberi pendapat atau opini, seorang ESFJ bisa sangat blak-blakan dan terang-terangan. Hal ini pun kadang sampai kebablasan yang membuat orang lain merasa tersinggung. Apalagi orang dengan tipe kepribadian ESFJ ini juga umumnya kurang peka sehingga sikapnya kadang sesuka hatinya sendiri.

5. Sangat Menjunjung Tinggi Tradisi, Aturan, dan Kepastian

Sangat menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi, aturan, dan hal-hal yang serba pasti atau jelas. Orang dengan tipe kepribadian ESTJ pun banyak yang terlibat di pemerintahan dan keorganisasian. Ia juga bisa jadi orang yang sangat bisa diandalkan untuk menjaga nilai-nilai yang ada.

Beberapa orang terkenal yang memiliki tipe kepribadian ESTJ ini, antara lain Lyndon B. Johnson, Megin Kelly, Billy Graham, dan Alec Baldwin. Seorang ESTJ juga dikenal memiliki potensi untuk menjadi pemimpin yang baik. Dengan memaksimalkan kelebihan dan kemampuang yang dimiliki, seorang ESTJ bisa berhasil dalam bidang yang ditekuninya.