Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian ESFP, Apa Saja ya?

Endah Wijayanti01 Feb 2019, 08:15 WIB
Zodiak Pisces

Fimela.com, Jakarta Setelah mengecek ciri kepribadian ESFP ini, di antara kita mungkin ada yang merasa memiliki kepribadian tersebut. Sebagai pengingat kembali, ESFP adalah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan tes psikologi Myers-Briggs Type Indicator. Orang dengan kepribadian ESFP ini umumnya dikenal menyukai hal-hal yang spontan serta suka jadi pusat perhatian.

Dilansir dari verywellmind.com, orang dengan tipe kepribadian ESFP punya sejumlah kelebihan dan kekurangan yang cukup menonjol. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja kita ungkap di sini ya.

Kelebihan Seorang ESFP

1. Suka berteman.

2. Mudah menampilkan aura optimis.

3. Sangat suka bersosialisasi.

4. Menyukai hal-hal spontan.

5. Menyukai hal-hal praktis.

Seorang ESFP bisa memiliki kemampuan interpersonal yang baik karena sangat suka menghabiskan waktu dengan banyak orang. Bersosialisasi dan berinteraksi adalah hal yang paling disukainya. Hal ini yang kemudian bisa membuatnya jadi pemimpin yang bisa diandalkan. Suka bertindak spontan dan bersemangat dalam mencoba hal-hal baru.

Kekurangan Seorang ESFP

1. Tidak menyukai teori-teori abstrak.

2. Mudah bosan.

3. Payah bila disuruh membuat rencana.

4. Impulsif.

Hanya duduk di dalam kelas mendengarkan penjelasan guru dan mendiskusikan teori-teori hanya akan membuat seorang ESFP gampang bosan. Rutinitas yang monoton juga termasuk hal yang tidak disukainya. Lebih menyukai hal-hal spontan dan bisa langsung dilakukan daripada membuat perencanaan.

Kepribadian seseorang bisa cukup kompleks. Kadang butuh berbagai pengujian atau tes untuk bisa mengungkap karakter seseorang dengan utuh. Info ini pun hanya salah satu referensi yang bisa kita gunakan untuk mencari tahu lebih banyak soal kepribadian ESFP. Semoga info ini bisa bermanfaat dan memberi tambahan wawasan soal kepribadian ESFP, ya.