Sukses

Lifestyle

Jangan Pernah Melakukan 6 Hal Ini Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Sering merasa lelah di pagi hari walaupun telah mendapatkan waktu tidur yang cukup? Kemungkinannya adalah waktu tidur cukup, namun kualitasnya buruk.

Kualitas tidur yang buruk bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk beberapa hal di bawah ini, seperti dilansir dari purewow.com, Senin (4/2/2019). Penasaran apa saja?

1. Menyelesaikan pekerjaan

Sebaiknya jangan pernah membawa pekerjaan ke rumah, karena kamu tidak akan memiliki perasaan yang damai dan nyaman sebelum tidur. Boleh memeriksa beberapa pekerjaan, namun jangan lakukan di atas tempat tidur.

2. Minum alkohol

Walaupun sedikit alkohol memang dapat membuatmu lebih mudah tertidur, namun alkohol juga menurunkan kualitas tidur dengan mengurangi gerakan mata cepat atau REM. REM terjadi sekitar 90 setelah tertidur dan semakin sedikit waktu yang dimiliki, berarti kualitas tidur semakin buruk.

3. Memeriksa instagram

Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dan putih yang dipancarkan dari layar ponsel mencegah otak melepaskan melatonin, hormon yang menyiapkan tubuh untuk tidur. Sebaiknya simpan keinginan untuk memeriksa instagram di pagi hari saja.

 

Mengonsumsi gula, makanan pedas, dan terlalu banyak air

4. Mengonsumsi gula

Gula memang memiliki beberapa manfaat kesehatan, namun sebaiknya jauhi sebelum tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa makanan tinggi lemak jenuh dan gula dikaitkan dengan tidur yang lebih ringan dan kurang restoratif dengan lebih banyak gangguan.

5. Makanan pedas

Makanan pedas sering menyebabkan refluks asam yang bisa semakin buruk jika kamu berbaring terlalu cepat setelah makan. Konsumsi makanan pedas hanya di pagi atau siang hari saja, jangan sebelum tidur.

6. Minum terlalu banyak air

Ya memang penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi, namun minum terlalu banyak air sebelum tidur mungkin akan membuatmu bangun tengah malam untuk pergi ke kamar mandi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading