Sukses

Lifestyle

Mengenal Ketoprak, Makanan Lezat yang Mudah Ditemukan di Jakarta

Fimela.com, Jakarta Siapa tak tahu akan makanan lezat bernama ketoprak? Ketoprak merupakan makanan berbumbu kuah kacang yang bisa dengan mudah ditemukan di kota Jakarta. Rasa makanan ini sangat lezat. Menariknya, makanan ini juga sangat sehat dan harganya cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Hampir sama dengan pecel di Jawa Tengah atau Jawa Timur, di Jakarta ketoprak menjadi makanan yang sudah menjamur dan disukai semua lapisan masyarakat. Ketoprak terbuat dari irisan ketupat dan tauge yang kemudian disiram bumbu kacang. Di beberapa pedangan, ada tambahan bahan lain yang membuat ketoprak semakin lezat. Bahan tersebut antara lain bihun, telur, tahu, taburan bawang merah goreng dan kerupuk.

Asal-usul Ketoprak

Banyak orang yang meyakini bahwa ketoprak berasal dari Betawi atau Jakarta. Hanya saja, tidak sedikit orang yang meyakini bahwa ketoprak berasal dari Cirebon. Beberapa orang juga menyebutkan bahwa ketoprak berasal dari Jawa Tengah. Hanya saja, sejauh ini ketoprak telah diyakini sebagai makanan khas Betawi.

Pemberian Nama Ketoprak

Selain asalnya yang masih dipertanyakan, nama ketoprak dinilai cukup unik dan masih memunculkan misteri tersendiri. Beberapa pendapat menyebutkan jika nama ketoprak berasal dari singkatan ketupat toge yang digeprak.

Namun, ada pendapat lain yang menyebutkan jika ketoprak bermula dari seorang pria yang ingin makan kemudian membuat makanan dengan bahan ketupat, tauge, mie, bawang goreng dan tahu goreng yang kemudian diberi bumbu kacang dihaluskan. Saat makan sambil memikirkan nama untuk makanan yang dibuat, si pria melamun hingga menjatuhkan piringnya dan menghasilkan bunyi "ketuprak". Pria itu kemudian memberi nama makanan yang dibuatnya ini dengan nama ketoprak.

Ciri Khas Pedagang Ketoprak

Ada hal unik tentang ketoprak Sahabat Fimela. Hal tersebut mengenai ciri khas pedagang ketoprak. Umumnya, pedagang ketoprak akan memakai jenis gerobak yang sama untuk berdagang. Ciri khas adalah gerobak pedagang ketoprak memiliki model sama seperti perahu.

Untuk penggunaan dan penyusunan gerobak juga sama. Yang pasti ada di dalam gerobak pedagang ketoprak adalah adanya panci stainless, kaleng biskuit bekas untuk tempat kerupuk, panci penggorengan di bagian ujung gerobak dan cobek yang digunakan berupa cobek kayu. Pedagan ketoprak tidak jarang akan menghaluskan bumbu kacang di piring saji.

Itulah beberapa hal menarik dari ketoprak. Gimana nih, apakah Sahabat Fimela termasuk salah satu penggemar ketoprak?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading