4 Masalah yang Lebih Serius daripada Sekadar Jarang Komunikasi dalam LDR

Endah Wijayanti07 Feb 2019, 06:57 WIB
perkara ldr

Fimela.com, Jakarta Menjalin long distance relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh jelas ada tantangannya sendiri. Konflik dan masalah yang muncul bisa dipicu oleh hal yang sebenarnya sederhana, seperti karena jarang komunikasi. Tapi ternyata ada masalah lain yang lebih serius yang kerap muncul dalam LDR selain daripada sekadar jarang komunikasi.

Bagi yang saat ini sedang menjalin LDR, pasti paham betul dengan semua risiko dan konsekuensi yang ada. Tak mudah untuk menjaga keutuhan komitmen saat sedang berjauhan. Masalah-masalah ini pun kerap muncul dalam LDR.

1. Masing-Masing Berubah Jadi "Orang Asing"

Berjauhan dan jarang bertemu, masing-masing akan makin sibuk dengan kehidupannya sendiri. Dengan semua rutinitas dan kegiatan sendiri, seiring waktu berjalan akan ada hal-hal yang mungkin berubah dari diri masing-masing. Ada proses yang dilalui tanpa kehadiran pasangan. Ada perubahan yang terjadi ketika sedang berjauhan.

2. Hadirnya Orang Baru dalam Kehidupan

Di sana, mungkin ia menemukan sosok-sosok baru yang belum pernah ia jumpai sebelumnya. Ada orang baru yang juga mempengaruhi hidupnya, membuat beberapa aspek hidupnya berubah. Di sini, kita pun menerima hadirnya orang baru. Entah itu sebagai teman, sahabat, atau seseorang yang berpotensi akan makin dekat dengan kita. Kondisi ini bisa jadi dilema sendiri. Sedikit saja komitmen dan rasa saling percaya luntur, maka masalahnya akan jadi sangat berat.

3. Kehabisan Bahan Obrolan

Intensitas komunikasi tetap bisa dijaga. Tapi makin lama malah makin kehabisan obrolan. Seakan tak ada hal baru atau menarik untuk dibicarakan bersama. Hubungan pun lama kelamaan bisa terasa makin hambar. Tak ada perasaan senang atau bahagia yang kembali dirasa.

4. Terlalu Posesif dan Gampang Curiga

Setiap kali telepon ada saja hal-hal yang diatur dan dilarang. Segala hal selalu dibumbui rasa penuh curiga. Semua gerak dibatasi. Terlalu mengekang dan malah saling menyiksai perasaan. Komunikasi makin jarang, ditambah lagi dengan sikap posesif yang terus meningkat. Hubungan pun jadi terasa tidak nyaman lagi.

Masalah dalam LDR bisa dipicu oleh banyak hal. Butuh persiapan mental dan juga komitmen yang kuat untuk menjaga hubungan tetap baik dan harmonis. Bagi para pejuang LDR di luar sana, semoga apapun masalah yang dihadapi bisa diatasi dengan baik, ya.