Sukses

Lifestyle

5 Makanan Berbahan Dasar Singkong Enak Banget dan Gampang Buatnya

Fimela.com, Jakarta Singkong atau ketela pohon merupakan salah satu bahan makanan yang sederhana namun bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat nan menggugah selera. Singkong juga memiliki rasa yang khas dan mudah ditemukan di sekitar kita.

Jika biasanya kita mengenal singkong sebagai bahan makanan untuk membuat keripik dan singkong goreng, yuk mengenal makanan lain yang terbuat dari singkong dengan rasa super lezat. Penasaran apa saja makanannya? Simak yang berikut ini.

Kue Sawut Singkong

Makanan pertama berbahan singkong dengan rasa lezat dan gampang banget buatnya adalah kue sawut. Kue sawut terbuat dari singkong yang diparut kasar kemudian diberi bumbu garam serta kelapa parut lalu dikukus hingga matang. Selain gurih, kue sawut juga ada yang rasanya manis dengan tambahan bumbu gula merah yang disisir halus. Pasalnya, kue ini berasal dari Jawa Tengah.

Klepon Singkong

Jika biasanya klepon terbuat dari tepung ketan, kita bisa membuat klepon dari singkong. Gunakan singkong parut atau tepung singkong menjadi adonan klepon kemudian diisi dengan gula merah dan dikukus hingga matang. Agar semakin lezat dan menggugah selera, jangan lupa membaluri klepon singkong dengan kelapa parut.

Gethuk dan Dua Lainnya

Jemblem atau Onde-onde Singkong

Jemblem atau onde-onde singkong merupakan makanan berbahan dasar singkong yang memiliki rasa lezat dan gampang buatnya. Makanan ini terbuat dari singkong yang diparut atau dihaluskan kemudian dibentuk bulat atau lonjong dan diberi isian gula merah yang disisir halus. Jika sudah membentuk adonan bulat dengan isi gula merah, jemblem kemudian digoreng hingga berwarna kecokelatan dan matang.

Kue Mata Roda

Kue mata roda atau mata sapi merupakan kue yang terbuat dari singkong parut dan diberi isian pisang di dalamnya. Kue ini dimasak dengan cara dikukus. Agar warnanya makin menarik, adonan singkong biasanya dicampur dengan pewarna makanan baik itu warna merah, hijau atau sesuai selera. Kue yang telah matang kemudian diiris sesuai selera dan ditaburi dengan kelapa parut.

Gethuk

Makanan berbahan singkong selanjutnya yang memiliki rasa lezat dan gampang buatnya adalah gethuk. Kukus singkong yang telah dipotong-potong bersama kelapa parut, sedikit garam dan gula secukupnya. Jika singkong sudah matang, haluskan dengan cara ditumbuk atau dihaluskan dengan mesin penghalus gethuk. Sajikan gethuk bersama taburan kelapa parut agar rasanya semakin menggugah selera.

Well Sahabat Fimela, tertarik membuat makanan lezat berbahan singkong di atas?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading