Agar Terhindar dari Penyakit, Ketahui Hal Penting Soal Mencuci Tangan

Karla Farhana10 Feb 2019, 16:00 WIB
[Fimela] Cuci Tangan

 

Fimela.com, Jakarta Mencuci tangan dengan sering merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk menghindari terkena penyakit. Bukan untuk diri sendiri, mencuci tangan juga bermanfaat untuk orang lain. 

Karena dengan mencuci tangan, Sahabat Fimela juga menghindari penyebaran kuman dan penyakit. Selain itu, caranya sangat mudah. Hanya membutuhkan air bersih dan sabun cuci tangan. 

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sering, Sahabat Fimela juga bisa mengggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman dan bakteri. 

Namun sayang, tidak semua orang melakukan hal ini dengan baik dan konsisten. Pasalnya, mencuci tangan bagi mereka harus dilakukan hanya jika tangan kotor.

Padahal, meski terlihat bersih, tangan penuh kuman karena sering memegang benda, apa lagi benda-benda di tempat umum. Untuk itu, agar terbebas dari penyakit lebih baik ketahui beberapa hal mengenai cuci tangan yang baik dan benar. 

2 of 2

Hal-hal Penting Mengenai Cuci Tangan

cuci tangan
ilustrasi mencuci tangan/copyright Pexels/Burst

Kapan Mencuci Tangan? 

Mencuci tangan dengan sering akan menjauhkanmu dari penyakit yang disebabkan bakteri, kuman, dan virus. Tapi seberapa sering? Dilansir dari Self.com, Sahabat Fimela harus mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, mengobati luka, melepas atau memasang lensa kontak, setelah menyiapkan makanan mentah, menggunakan toilet, memegang binatang, memegang uang, bersin, batuk, mengobati luka, memegang barang dan bahkan berjabat tangan dengan orang lain. 

Cara Mencuci Tangan yang Benar

Ketika mencuci tangan, pastikan kamu menggosok seluruh bagian tangan, jari, dan sela-sela kuku sela,a 20 detik. Sebaiknya gunakan sabun anti bakteri untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di tangan. 

Penggunaan Sanitizer

Jangan langsung makan usai menggunakan sanitizer. Gosok-gosok tanganmu hingga sanitizer merata dan tangan terasa kering. Dengan begitu, alkohol dan kandungan yang ada di dalam sanitizer tidak akan bercampur dengan makanan yang akan dimakan. 

 

Lanjutkan Membaca ↓