Cara Memilih Terasi yang Berkualitas Rasa Maupun Aromanya

Mimi Rohmitriasih08 Feb 2019, 14:15 WIB
Terasi

Fimela.com, Jakarta Terasi menjadi salah satu bumbu dapur yang digemari masyarakat Indonesia. Meski aromanya cukup menyengat. Terasi jsutru bisa membuat setiap masakan beraroma lebih gurih dan menggugah selera. Terasi juga bisa membuat setiap masakan terasa lebih sedap.

Biasanya, terasi dibuat untuk bumbu masakan tumis atau dibuat sambal. Terasi sendiri ada dua jenis, yakni terasi udang dan terasi ikan. Jika Sahabat Fimela merupakan seorang yang suka menggunakan terasi sebagai bumbu masakan, pastikan untuk memilih terasi yang berkualitas baik untuk rasa maupun aromanya agar mendapatkan masakan yang lebih sedap.

Cara memilih terasi yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja? Simak yang berikut ini.

2 of 2

Perhatikan Kemasan Hingga Aroma

Kemasan

Saat memilih dan membeli terasi, perhatikan kemasan terasi. Pastikan bahwa kemasannya masih tertutup rapat atau dalam kondisi utuh. Hindari membeli terasi dengan kemasan yang telah sobek kemasannya apalagi terbuka. Terasi yang terkena angin dalam waktu lama bisa mengalami penurunan kualitas rasa maupun aroma.

Warna

Perhatikan juga warna terasi saat membeli terasi. Terasi dengan warna cokelat kehitaman adalah terasi dengan kualitas baik. Terasi dengan warna kemerahan juga baik. Tapi pastikan jika warna kemerahan tersebut bukan berasal dari pewarna makanan berbahaya. Terasi yang berkualitas warnanya tidak terlalu mencolok.

Aroma

Aroma yang berkualitas memiliki aroma yang khas. Jika aroma terasi terlalu menyengat, busuk atau sedikit ada aroma bahan kimianya, pikir-pikir lagi untuk membeli terasi ini. Terasi yang berkualitas aromanya lebih segar dan khas aroma udang atau ikan.

Bentuk

Terasi yang baik umumnya akan berbentuk padat dan kering namun mudah dipotong atau mudah hancur. Untuk terasi yang sangat keras dan kering atau bahkan lengket, sebaiknya pikir-pikir lagi untuk membelinya.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih terasi berkualitas. Semoga tips dapur ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓
short desc
4Y Ago

Ayam adalah menu unggas yang paling mudah didapatkan dan harganya jauh lebih terjangkau dibandingkan unggas lainnya. Mudah dimasak dan disajikan dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, direbus, dipanggang, dibakar, dan lain sebagainya.

Selengkapnya
short desc
short desc
4Y Ago

Menyimpan kerupuk atau keripik yang salah akan membuatnya jadi melempem. Pakai tips ini untuk menghindarinya.

Selengkapnya
short desc
short desc
4Y Ago

Tidak semua buah-buahan harus dimasukkan ke dalam kulkas. Ada sejumlah buah yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Buah-buahan apa sajakah itu?

Selengkapnya
short desc
short desc
4Y Ago

Yuk bikin cokelat ganache anti eneg dengan resep berikut ini.

Selengkapnya
short desc
short desc
4Y Ago

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah mengalami browning atau berubah warna menjadi kecoklatan.

Selengkapnya
short desc