Mengatasi Salah Paham dengan Pasangan, Berikut 4 Tipsnya!

Endah Wijayanti13 Feb 2019, 11:41 WIB
Bertengkar

Fimela.com, Jakarta Menjaga komunikasi adalah kunci penting menjaga hubungan agar tetap baik dengan pasangan. Hanya saja pada situasi tertentu, kesalahpahaman atau misunderstanding sulit dihindari. Kalau kesalahpahaman dengan pasangan sudah terjadi, terkadang jadi cukup rumit untuk mengatasinya.

Tapi ada sejumlah tips yang sebenarnya cukup sederhana untuk mengatasi salah paham dengan pasangan. Dilansir dari liveabout.com, Jennifer Jeanne Patterson, penulis 52 Fights: A Newlywed’s Confession menjabarkan sejumlah tips yang bisa dicoba untuk mengatasi kesalahpahaman pada pasangan. Selengkapnya, yuk ikuti lebih detailnya di sini.

1. Jangan Membuat Asumsi Sendiri

Patterson dengan tegas menyebutkan untuk tidak membuat asumsi sendiri ketika terjadi kesalahpahaman. Sebaiknya memang kita tak membuat kesimpulan sendiri dengan keadaan yang ada. Selalu lihat sesuatu dari segala sisi terlebih dahulu tanpa membuat kesimpulan sepihak.

2. Berkata Jujur

Kejujuran adalah kunci penting dalam menjaga pernikahan. Daripada saling tuduh atau saling menyalahkan, coba untuk lebih jujur. Baik jujur dengan perasaan yang sedang kita rasa maupun jujur dengan kejadian atau pengalaman yang kita alami sendiri. Jangan terlalu lama memendam perasaan atau malah menghindar dan saling diam. Buka kembali komunikasi dengan saling jujur satu sama lain.

3. Jangan Saling Sindir

"Jangan berbelit-belit dan ingat bahwa sarkasme tidak akan berhasil karena hanya akan menyebabkan luka dan memperumit masalah yang ada," papar Patterson. Saling sindir atas permasalahan yang terjadi hanya akan memperburuk keadaan. Hati dan perasaan pun pasti akan terasa lebih sakit bila komunikasi yang ada hanya diisi dengan saling sindir.

4. Jangan Membesar-besarkan Masalah

Kalau sudah marah atau sedih biasanya sebuah masalah yang sebenarnya sepele malah dijadikan "drama". Padahal untuk mengatasi salah paham yang ada, perlu mencari tahu akar masalahnya dan segera menyelesaikannya. Saat terjadi salah paham dengan pasangan, tenangkan hati dan coba telisik lebih jauh awal mulai terjadinya kesalahpahaman ini di mana. Baru dari situ akan lebih mudah menyelesaikan sumber masalahnya.

Salah paham dengan pasangan memang bisa jadi masalah yang begitu pelik. Tapi dari sini sebenarnya bisa sama-sama kembali belajar untuk lebih dewasa dalam menyikapi permasalahan yang ada dalam hubungan. Semoga tips-tips di atas bisa membantumu, ya.