Selesai Resepsi kok Malah Sedih? Ini 4 Tips Mengatasi After-Wedding Blues

Endah Wijayanti13 Feb 2019, 13:20 WIB
Menikah

Fimela.com, Jakarta Tidak enak makan, susah tidur, dan perasaan sangat gelisah. Perasaan tersebut hadir bukan karena kita baru patah hati sebab kita baru saja menikahi pria yang sangat kita cintai. Lalu, kenapa rasanya begitu melankolis?

Aneh memang kadang muncul perasaan sedih dan gelisah ketika resepsi usai. Kondisi yang juga disebut sebagai after-wedding blues ini juga dialami oleh pasangan lain. Ada perasaan sedih dan gelisah yang dirasakan setelah pesta usai.

Untuk mengatasi after-wedding blues ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Selengkapnya, yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Sibukkan Diri dengan Hal Baru

Dilansir dari huffpost.com, Deborah DeFrancesco, founder Bitchless Bride menyarankan untuk menyibukkan diri dengan hal baru. Just do something! Libatkan diri pada aktivitas atau kegiatan seru. Entah itu ikut kelas yoga, ikut kelas memasak, atau belajar sesuatu yang baru. Dengan menyibukkan diri ini, perasaan hampa atau gelisah yang hadir setelah resepsi usai bisa segera diatasi.

2. Jadwalkan Kencan Baru dengan Suami

Kencan harus tetap dilakukan setelah menikah. Coba buat jadwal baru. Luangkan waktu khusus untuk kencan dan jadwalkan kegiatan seru untuk dilakukan bersama. Karena sudah menikah, maka penting untuk melakukan banyak hal berdua. Hal-hal romantis yang dilakukan di hari pernikahan pun bisa diulang kembali.

3. Rapikan Rumah

Yap, ada banyak kado dan hadiah yang diterima di pesta pernikahan. Saatnya kini menyibukkan diri dengan mengatur semuanya. Rapikan rumah, atur ulang dekorasi, dan tata setiap sudut rumah dengan hal-hal yang kita sukai. Kegiatan ini juga bisa jadi penanda awal baru yang baik untuk mengarungi bahtera rumah tangga.

4. Meditasi

Melakukan latihan pernapasan. Melakukan sejumlah gerakan yoga sederhana. Menenangkan diri dengan meditasi sederhana. Coba tenangkan pikiran dengan kembali merilekskan tubuh. Setelah semua kesibukan mengatur pernikahan dan merasakan puncak kebahagiaan di hari pernikahan, kini saatnya untuk menjernihkan pikiran kembali. Agar bisa lebih siap melangkah ke depan menjalankan peran baru sebagai seorang istri.

Bila perlu komunikasikan juga dengan pasangan. Dukungan dan perhatian dari pasangan bisa jadi obat ampuh untuk mengatasi after-wedding blues ini. Kalau perasaan cemas dan gelisah makin berlarut, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter atau psikolog yang dipercaya.