Sukses

Lifestyle

Mengenal Kanker Darah dan Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Kabar Ibu Ani Yudhoyono yang tengah menjalani pengobatan kanker darah memang sangat mengejutkan. Seperti yang dilansir dari liputan6.com (13/11), SBY mengabarkan bahwa Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah. Saat ini Ibu Ani dirawat di National Universtiy Hospital Singapura.

Kanker darah atau kanker hematologi adalah kanker yang memengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang di mana darah diproduksi. Kemudian sel-sel kanker tersebut mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsinya.

Ada 3 jenis kanker darah yang paling umum, yaitu leukimia atau kanker sel darah putih, limfoma dan myeloma yang merupakan jenis kanker yang terbentuk oleh sel plasma ganas. Kanker darah dapat menyerang siapa saja, dan tidak terbatas oleh usia.

Penyebab Kanker Darah

Pada dasarnya semua manusia memiliki sel kanker. Namun sel kanker tersebut dapat tumbuh jika dipicu oleh penyebab kanker. Seperti yang dilansir dari hellosehat.com (14/2) kanker darah disebabkan oleh pertumbuhan yang tidak terkendali dari sel-sel darah. Normalnya, sel-sel darah di dalam tubuh mengikuti jalur pertumbuhan teratur, pembelahan, dan kematian tapi sel-sel kanker darah tidak.

Para ahli mengatakan jika perubahan DNA menyebabkan sel darah yang sehat menjadi kanker. Kanker darah memiliki kecenderungan genetik, jadi jika salah satu saudara terdekat memiliki riwayat kanker darah maka Sahabat Fimela mimiliki risiko yang tinggi terhadap kanker ini.

Selain itu kanker juga dapat timbul karena pola hidup yang tidak sehat. Kurang menjaga pola makan dan kurang istirahat pun dapat memicu kanker.

Demikian penjelasan tentang kanker darah dan penyebabnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading