Cara Memilih dan Menyimpan Sayur Bayam Agar Awet Segar

Mimi Rohmitriasih18 Feb 2019, 07:31 WIB
Sayur Bayam

Fimela.com, Jakarta Sayuran menjadi salah satu nutrisi penting buat tubuh. Ada beragam sayuran yang bisa kita konsumsi dan olah menjadi berbagai masakan lezat menggugah selera. Salah satu sayur tersebut adalah sayur bayam. Sayur bayam bisa diolah menjadi sayur bening, sayur bobor, tumis maupun digoreng jadi bakwan dan keripik.

Sayur bayam yang masih hijau segar tentu akan sangat menggugah selera. Dan untuk mendapatkan sayur bayam yang hijau segar, kita harus pandai dalam memilih atau membeli sayur tersebut dan menyimpannya.

Memilih Sayur Bayam

Saat memilih atau membeli sayur bayam, usahakan untuk membeli sayur bayam yang masih segar dari penjualnya. Sayur bayam yang masih segar biasanya berwarna hijau segar, masih fresh dan kandungan airnya cukup banyak. Jika sayur bayam sudah layu, daunnya menghitam apalagi kering, sebaiknya jangan dipilih.

Usahakan untuk tidak memilih sayur bayam yang daunnya bolong-bolong, rusak atau lecek. Bisa jadi sayur ini kualitasnya tidak baik. Tapi, jika ada beberapa sayur yang bolong karena dimakan ulat dan bolongnya masih wajar, tak apa untuk memilihnya. Sayur yang bolong karena ulat atau hama lainnya menunjukkan bahwa sayur tersebut tidak mengandung pestisida berlebihan.

Menyimpan Sayur Bayam

Sayur bayam
Sayur bayam (Nesavinov/Shutterstock)

Untuk menyimpan sayur bayam, sebaiknya simpan di tempat yang kering namun sejuk. Sayur bayam yang disimpan di tempat yang panas akan membuatnya lebih mudah layu. Simpan juga di dalam kantong plastik atau kertas sayur agar kualitasnya tetap terjaga. Jika ingin menyimpannya di lemari es, usahakan untuk mencuci sayur bayam hingga benar-benar bersih, kemudian tiriskan hingga asat dan masukkan ke kantong plastik lalu taruh di lemari es tempat sayur.

Jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering, sayur bayam bisa bertahan hingga satu sampai dua hari. Ketika disimpan di lemari es, sayur bayam bisa bertahan maksimal tiga hari. Semakin cepat sayur bayam dimasak, semakin lezat rasanya dan baik kandungan nutrisinya. Usahakan agar tidak menyimpan sayur bayam terlalu lama karena ini bisa menghilangkan nutrisinya, mengubah rasa pun aromanya.

Lanjutkan Membaca ↓