Sukses

Lifestyle

6 Kebiasaan Harus Dilakukan di Usia 20an agar Masa Depan Cerah!

Fimela.com, Jakarta Berpikir jangka panjang adalah suatu keharusan jika ingin membengun masa depan terjamin tanpa merasa kekurangan soal keuangan maupun kebahagiaan. Dan itu akan lebih bak dimulai sejak masih muda, apalagi jika masih single. Selagi masih berusia 20an tahun, ada banyak hal ayng sebaiknya dilakukan jika ingin masa depan cerah.

1. Menabung dan investasi

Ini adalah suatu kebiasaan yang sebenarnya harus diterapkan sejak kecil, bahkan sejak dirimu belum berpenghasilan dan masih minta uang orang tua. Ketika sudah memiliki uang sendiri, dirimu jadi bisa lebih bijak menggunakan uang. Menabung jadi bekal untuk masa depan yang terjamin secara finansial. Akan lebih baik lagi jika bisa berinvestasi, entah itu dengan memulai bisnis atau membeli reksadana, obligasi atau bahkan saham.

2. Miliki resolusi tiap bulan

Tak ingin memiliki kehidupan seperti pemalas dan ingin meraih banyak hal? Jadwalkan rutinitas secara detail apa yang ingin dilakukan setiap harinya. Buat resolusi tiap bulan, hal penting apa yang ingin diraih dan harus diselesaikan. Ini memotivasimu melakukan banyak hal dan jadi lebih baik. Mulai dari tanggungan bulanan hingga jalan-jalan, plan it exactly!

3. Merawat diri

Di balik kesibukanmu yang padat karena ingin melakukan banyak hal, jangan lupa bahwa self care itu juga penting. Jangan terlalu keras pada diri sendiri hingga memangkas waktu istirahat. Beri penghargaan pada diri sendiri atas setiap pencapaian. Lakukan me time untuk mengisi tenagamu kembali.

 

Hal yang harus dilakukan selagi masih muda

4. Menerima kegagalan

Gagal memang bisa membuatmu malu, namun di usiamu yang sudah dewasa dan matang, sbeiaknya mind set malu tidak diperlukan lagi. Tak ada artinya takut gagal, itu hanya membuatmu takut mencoba. Orang tak akan peduli dengan hidupmu, mereka sibuk dengan hidup mereka sendiri, jika terus malu, kamu tak akan maju.

5. Belajar skill baru

Belajarlah memasak, merawat keponakan yang masih kecil, membersihkan rumah, dandan, atau menyetir mobil, manapun yang bisa membuat kualitas diirmu lebih baik. Ini adalah bekal masa depan yang kemungkinan besar bermanafaat saat menikah atau saat dibutuhkan di masa sulit.

6. Memperluas pergaulan

Jangan ragu berteman dengan siapa saja, kenali mana pengaruh baik dan buruk. Memperluas pergaulan juga bisa membuka peluang dan kesempatan pada banyak hal. Miliki jiwa muda dengan pikiran terbuka agar bisa menerima banyak pengalaman.

Itu sekian hal yang perlu dilakukan selama usiamu masih 20an tahun atau mungkin awal 30an tahun. Karena kehidupan bahagia dan nyaman di masa depan memang harus dimulai dari sekarang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading