Mengintip Visi Misi Para Capres dan Cawapres 2019

Ivana Okta09 Mar 2019, 09:20 WIB
Ilustrasi Pemilu 1(Liputan6.com/M.Iqbal)

Fimela.com, Jakarta Tak terasa sebentar lagi rakyat Indonesia akan berdemokrasi memilih calon pemimpin untuk lima tahun ke depan. Nah, Sahabat Fimela yang sudah bisa memberikan hak pilih sebaiknya juga turut menyumbangkan suara demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Ada dua calon presiden dan wakil presiden yang maju untuk menjadi pemimpin Indonesia lima tahun ke depan. Paslon nomor urut 1 adalah Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin. Paslon nomor urut 2 adalah Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Berikut ini adalah visi misi kedua calon untuk menjadi pertimbangan bagi Sahabat Fimela untuk memilih pemimpin yang bisa membawa Indonesia lebih baik lagi.

2 of 3

Visi Misi Paslon no. 1

Gaya Jokowi Saat Debat Kedua Capres
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi memberi paparannya dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Debat dipimpin oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tema besar dari visi-misi capres dan cawapres nomor urut 1 ini yakni 'Meneruskan Jalan Perubahan untuk Indonesia Maju'. Paslon nomor urut 1 memiliki visi dan misi setebal 38 halaman ini dibuka dengan pendahuluan tentang tema besar, yakni 'Jalan Perubahan yang Telah Menunjukkan Kemajuan'.

Lebih jauh, berikut adalah visi dari paslon nomor 1.

Terwujudnya Indonesia Maju, yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong'

Misinya antara lain:

Upaya meneruskan jalan perubahan untuk mewujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong ditempuh dengan sembilan misi.

1. Peningkatan kualitas manusia Indonesia.

2. Struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing.

3. Pembangunan yang merata dan berkeadilan.

4. Mencapai ingkungan hidup yang berkelanjutan.

5. Kemajuan budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa.

6. Penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat, dan tepercaya.

7. Perlindungan bagi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga.

8. Pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif, dan tepercaya.

9. Sinergi pemerintah daerah dalam kerangka Negara Kesatuan.

3 of 3

Visi Misi Paslon no. 2

Prabowo Saat Debat Kedua Capres
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyapa penonton saat hadir dalam debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). Dalam debat kedua ini tidak ada kisi-kisi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Untuk paslon nomor urut 2 yakni Prabowo-Sandiaga Uno memiliki visi untuk Terwujudnya Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, relijius, berdaulat, berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi dan berkepribadian nasional yang kuat di bidang budaya serta menjamin kehidupan yag rukun antarwarga negara tanpa memandang suku, agama, ras, latar belakang etnis dan sosial berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Untuk misinya, pasangan calon nomor dua memiliki 5 poin:

1. Membangun perekonomian nasional yang adil, berkualitas dan berwawasan lingkungan dengan mengutamakan kepentingan rakyat Indonesia melalui jalan politik-ekonomi sesuai pasal 33 dan 34 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

2. Membangun masyarakat Indonesia yang cerdas, sehat, berkualitas, produktif dan berdaya saing dalam kehidupan yang aman, rukun, damai dan bermartabat serta terlindungi oleh jaminan sosial yang berkeadilan tanpa diskriminasi.

3. Membangun keadilan di bidang hukum yang tidak tebang pilih dan transparan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia melalui jalan demokrasi yang berkualitas sesuai dengan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

4. Membangun kembali nilai-nilai luhur kepribadian bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, bermartabat, beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia (sesuai UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat 3) dan bersahabat yang diberkati oleh Tuhan YME.

5. Membangun sistem pertahanan dan keamanan nasional secara mandiri yang mampu menjaga keutuhan dan integritas wilayah Indonesia.

Berikut tadi merupakan visi dan misi kedua pasangan calon presiden dan juga wakil presiden. Semoga bisa menjadi pertimbangan Sahabat Fimela untuk memberikan hak suara demi Indonesia yang lebih baik lagi. Jangan lupa untuk memberikan suara dan jangan golput ya!

Lanjutkan Membaca ↓