5 Tanda Metabolisme Tubuh Berjalan Lambat

fitriandiani03 Mar 2019, 13:00 WIB
Kurang tidur (iStock)

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela mungkin merasakan sulit sekali menurunkan berat badan, tak peduli seberapa kerasnya kamu telah berolahraga dan diet sehat. Jika iya, ada kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh metabolisme tubuh yang lambat.

Metabolisme tubuh yang lambat artinya apa-apa yang kamu konsumsi tidak dicerna dengan optimal. Selain pada sulitnya menurunkan berat badan, tanda metabolisme lambat lainnya antara lain sebagai berikut;

1. Kamu kelelahan setiap saat

Proses membakar energi yang berjalan lambat akan mengakibatkan kamu merasa kelelahan bahkan mengantuk setiap saat. Selain mudahnya bertambah namun susah menurunnya berat badan, tanda yang satu ini juga mudah dikenali.

2. Kulit selalu kering

Minum banyak air putih dan menggunakan pelembap tampak tak menolong, karena penyebab kulitmu selalu kering setiap saat adalah karena ia tak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan; dampak dari lambatnya metabolisme.

3. Rambut rontok

Ini Cara Jitu Atasi Rambut Berbagai Tipe
Ilustrasi rambut rontok.

Hal yang sama dengan kulit tadi juga akan terjadi pada rambut. Kekurangan nutrisi mengakibatkan kulit kering dan berujung pada kerontokan, serta pertumbuhan yang lambat.

4. Konstipasi

Lambatnya metabolisme mengakibatkan makanan sulit dicerna. Hal ini bisa mengakibatkan masalah konstipasi serius.

5. Depresi

Ini mungkin mengejutkan, namun begitulah faktanya. Kesehatan perut yang dipengaruhi metabolisme, dapat mempengaruhi suasana hati. Metabolisme yang lambat dapat memperlambat fungsi tubuh dan otak, hingga menyebabkan perasaan depresi.

Satu masalah yang tampak sepele ini bisa jadi masalah besar jika dibiarkan terjadi berlarut-larut. Ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter apabila gejala ini dirasakan, ya!

Lanjutkan Membaca ↓