Sukses

Lifestyle

5 Tips Simpan Makanan di Kulkas Agar Tetap Segar dan Aromanya Terjaga

Fimela.com, Jakarta Kulkas adalah alat dapur yang super bermanfaat. Kulkas akan membantu makanan bisa tahan lama. Sayangnya, menyimpan makanan di kulkas tidak boleh sembarangan. Jika salah menyimpan alhasil makanan akan mengontaminasi bahan lainnya, atau justru rusak.

Berikut ini Fimela coba hadirkan lima tips untuk menyimpan makanan dalam kulkas agar tetap segar dan tidak terkontaminasi makanan lain.

  • Yang pertama adalah pastikan suhu freezer berkisar pada 5 derajat celcius. Pada suhu ini bahan makanan yang disimpan akan lebih awet karena mencegah penyebaran bakteri. Daging akan lebih awet dan usia pakainya lebih panjang.
  • Agar makanan tetap segar pastikan untuk membersihkan freezer secara rutin untuk menghindari aroma busuk dan bakteri jahat.
  • Untuk chiller atau rak di bawah freezer adalah rak terdingin kedua setelah freezer, sehingga bahan makanan yang cocok disimpan di rak ini adalah susu, ikan, dan bahan lain yang membutuhkan suhu dingin agar tidak mudah basi.
  • Rak di bagian pintu adalah bagian kulkas yang paling hangat. Saat kulkas dibuka, bagian akan menyentuh udara yang hangat, karena itu simpan bumbu kering, minuman, telur, permen di bagian ini.
  • Last but not least, simpan sayur dan buah-buahan secara terpisah. Ini agar tidak mempengaruhi tingkat kematangan masing-masing karena kelembapan buah dan sayur berbeda. Buah biasanya akan mengeluarkan asam yang membuat sayur akan lebih matang. Jadi, agar sayur tidak lekas busuk, pisahkan sayur dari buah-buahan.

Nah, itu tadi adalah tips menyimpan makanan dalam kulkas agar tetap segar dan tak mudah busuk. Semoga bermanfaat ya Sahabat Fimela. Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan kulkas dengan rutin agar kebersihan makanan di dalamnya juga terjaga dengan baik.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading