Dia Sering Merendahkan? Tanda Dirimu Terjebak Abusive Relationship

Febi Anindya Kirana25 Feb 2019, 18:30 WIB
hubungan cinta

Fimela.com, Jakarta Setiap orang menjalani hubungan cinta yang berbeda-beda. Dan tidak sedikit orang yang terjebak dalam abusive relationship. Abusive relationship sendiri merupakan hubungan cinta yang melibatkan kekerasan, baik itu secara fisik, verbal maupun mental yang pada akhirnya hanya menjadi bentuk hubungan yang buruk dan menyakitkan.

Sayangnya, tidak semua orang sadar bahwa dirinya terjebak dalam abusive relationship dan tetap memilih bertahan dalam hubungan yang buruk dengan berbagai alasan. Salah satu tanda seseorang terjebak dalam abusive relationship adalah ketika ia sering direndahkan dan diremehkan dan pasangan tak pernah menganggap prestasi atau pencapaiannya.

Psikoterapi Carol A. Lambert, mengatakan dalam HuffPost bahwa komentar merendahkan dan menjatuhkan bisa jadi tak begitu disadari di awal, namun ini adalah tanda bahaya dalam hubungan.

Ketika tindakan ini terus berlanjut dan berulang berkali-kali bahkan secara jelas pasangan menunjukkan sikap negatif, ingin mengendalikan hubungan dan mengabaikan pencapaianmu dan mengalihkan topik pembicaraan darimu, sebaiknya disadari bahwa ini adalah hubungan yang tak sehat.

Seseorang akan merasa lebih lelah dan stres ketika menjalani hubungan ketimbang rasa bahagia ketika terjebak dalam abusive relationship. Jadi, sadari tandanya mulai sekarang.