Rutinitas Pagi yang Bisa Buat Kamu Lebih Sukses

Annissa Wulan03 Mar 2019, 08:00 WIB
kerja keras bagai kuda 1

Fimela.com, Jakarta Apa yang biasa kamu lakukan sebagai rutinitas pagi? Menunda alarm? Memeriksa email dan instagram?

Jika kamu merasa perlu mengubah rutinitas pagi, simak di sini beberapa rutinitas pagi yang bisa membuatmu lebih sukses, seperti dilansir dari trueself.com, Sabtu (2/3/2019). Penasaran?

1. Manajemen waktumu di pagi hari

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa jam 11 pagi adalah waktu paling produktif dalam sehari. Kuncinya adalah manajemen waktu.

Tidurlah selama yang kamu butuhkan dan bangun lebih awal saat dibutuhkan. Selain itu, biasakan untuk tidak menunda alarm.

2. Olahraga

Beberapa penelitian menemukan bahwa rutinitas olahraga yang dilakukan di pagi hari dapat meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Para peneliti di Universitas Bristol menemukan bahwa orang-orang yang olahraga di hari kerja memiliki lebih banyak energi dan pandangan positif untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

3. Menentukan tujuan

Daripada memperhatikan hal-hal kecil, mulailah harimu dengan melihat gambaran yang lebih besar. Menurut American Psychological Association, meditasi memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, fokus, dan produktivitas.

Setelah meditasi, cobalah menuliskan pikiranmu di dalam sebuah jurnal. Rutinitas ini adalah cara untuk menetapkan tujuan di waktu mendatang, menjaga diri sendiri untuk tetap pada jalur, mencapai tujuan jangka panjang.

Memikirkan kembali hal-hal yang harus dilakukan pada pagi hari

bosan kerja
Ilustrasi./Copyright pexels.com/Bruce Mars

4. Pikirkan kembali daftar hal-hal yang harus dilakukan

Buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan di malam sebelumnya dan tandai beberapa di antaranya yang benar-benar penting. Cara ini sebaiknya dibiasakan untuk menentukan prioritas dari segala hal yang harus kamu lakukan dalam sehari.

5. Lakukan hal yang paling sulit terlebih dahulu

Penelitian menunjukkan bahwa setiap orang hanya memiliki 4 jam paling produktif setiap harinya. Inilah pentingnya menandai hal-hal yang benar-benar penting dan sulit untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Lanjutkan Membaca ↓