Jadi Alternatif Quinoa, Ini Alasan Harus Mencoba Amaranth Demi Kesehatan

Karla Farhana03 Mar 2019, 14:00 WIB
[Fimela] Amaranth

 

Fimela.com, Jakarta Nasi sebagai makanan pokok kini sudah mulai perlahan-lahan ditinggalkan. Pasalnya, nasi mengandung gula yang cukup tinggi dan tidak memiliki serat. Untuk itu, banyak orang yang akhirnya beralih ke biji-bijian lain yang lebih sehat dan mengandung banyak nutrisi. 

Salah satunya quinoa yang juga dimasak mirip seperti beras. Pun, dimakan sebagaimana nasi dengan lauk-pauknya. Namun, quinoa untuk saat ini belum begitu familiar di semua kalangan. Selain itu, harganya pun tidak murah. 

Namun, jika sulit atau bosan menggunakan quinoa, Sahabat Fimela dapat menggantinya dengan amaranth. Biji-bijian yang satu ini mirip quinoa. Zaman dahulu digunakan oleh suku Aztek yang menempati area pusat Meksiko. 

Selain biji-bijian, amaranth juga termasuk ke dalam pseudocereal. Pseudocereal merupakan tanaman yang memproduksi buah dan benih yang digunakan dan dikonsumsi banyak orang seperti biji-bijian. 

Dilansir dari Women's Health Magazine, amaranth tidak mengandung gluten sama sekali. Tetapi, kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, vitamin C, dan juga yang paling penting, serat

 

Penambah Tenaga

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga (iStockphoto)

Pisang merupakan buah yang banyak dikonsumsi di pagi hari. Pasalnya, pisang memiliki sumber energi yang aling banyak untuk tubuh. Energi ini sangat penting dan dibutuhkan tubuh di pagi hari karena tubuh akan melakukan banyak aktivitas. 

Namun, amaranth juga merupakan sumber energi yang sama. Amaranth mengandung B1 yang berguna untuk sistem saraf. Juga B2 yang penting untuk memproduksi energi di tubuhmu. Jadi, amaranth memang dapat menjadi salah satu alternatif dari quinoa dan juga nasi. 

Lanjutkan Membaca ↓