Alasan Tidur Terpisah Justu Tingkatkan Kebahagiaan Pernikahan

Febi Anindya Kirana28 Feb 2019, 14:38 WIB
hubungan cinta

Fimela.com, Jakarta Hubungan rumah tangga akan harmonis jika kedua belah pihak saling memahami satu sama lain, bisa berkomunikasi dengan baik dan memiliki pandangan yang hampir sama dalam berbagai hal. Namun tak ada yang mengatakan bahwa desain interior rumah juga akan mempengaruhi bahagia tidaknya hubungan cinta, kan?

Jarang diketahui bahwa ternyata suasana dan lingkungan rumah juga bisa mempengaruhi hubungan cinta. Menurut sebuah survei yang dilakukan Porch berdasarkan Maslow's Hierarchy of Needs, lebih dari 900 pasangan menikah menyadari bahwa memiliki kamar tidur sendiri di rumah sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan dan kebahagiaan rumah tangga.

Orang selalu memukul rata bahwa pasangan menikah harus tidur satu ranjang. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa setiap orang juga butuh ruang untuk sendiri. Hasil penelitian menemukan bahwa 37% wanita dan 34% pria memiliki hubungan lebih bahagia karena mereka punya ruang tidur sendiri.

Psikolog dan life coach Danielle Dowling, Psy.D., menjelaskan bahwa jadi suami-istri bukan berarti kamu harus melakukan segalanya bersama. Kebersamaan itu penting untuk menguatkan ikatan cinta, namun memiliki waktu untuk diri sendiri juga penting untuk menjaga kesehatan mental, terutama dalam mengembalikan jati diri, melakukan refleksi diri atau secara sederhana melakukan kegiatan yang disukai sendiri.

Jadi, jika merasa benar-benar penat dalam pernikahan karena selalu tidur dalam satu ruangan dan satu ranjang, coba sesekali tidur terpisah, dan beri waktu untuk dirimu sendiri.