Buat Keputusan Bersama tentang Rumah, Kunci Kuatnya Rumah Tangga

Febi Anindya Kirana01 Mar 2019, 09:21 WIB
rumah

Fimela.com, Jakarta Keputusan bersama diperlukan dalam banyak urusan pasangan yang sudah menikah. Bukan hanya tentang bagaimana menjaga rumah bersih, berapa jumlah anak yang diinginkan, atau berapa uang bulanan yang harus dikeluarkan, ternyata sepakat tentang urusan desain dan dekorasi rumah juga memegang peran penting dalam hubungan cinta yang harmonis.

Sebuah survei dilakukan site yang menangani kontraktor interior Porch berdasarkan Maslow's Hierarchy of Needs, untuk mengetahui apakah urusan desain rumah dan perabotan bisa mempengaruhi hubungan cinta pasangan.

Survei menemukan bahwa 71 persen perempaun dan 74 persen pria mengatakan bahwa urusan rumah tangga adalah tanggungjawab bersama. Urusan menentukan seperti apa dekorasi rumah dan tata letak perabotan sebaiknya dipikirkan dan disepakati bersama.

Karena tujuan memiliki rumah adalah agar bisa merasa nyaman, maka setiap keputusan yang menyangkut rumah juga harus sama-sama dipikirkan dengan adil dan kedua belah pihak merasa nyaman saat berada di rumah.

Penelitian lain yang dimuat dalam jurnal Sex Roles juga menemukan bahwa pasangan yang memegang tanggung jawab membuat keputusan bersama merasa lebih terikat satu sama lain, memiliki hubungan lebih stabil dan punya kualitas pernikahan lebih baik.

Jadi, ketika melakukan renovasi rumah dan membeli perabotan rumah, pastikan sudah berdiskusi lebih dulu dan saling menyetujui ya.