Sukses

Lifestyle

Punya Teman Baik Membuatmu Hidup Panjang Umur, Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Manusia sebagai makhluk sosial pasti tak akan bisa hidup sendiri. Setiap manusia pasti butuh manusia lain, dan dari sinilah muncul istilah pertemanan. Kebutuhan manusia terhadap kehadiran manusia lain begitu esensial hingga mempengaruhi usia atau panjang umur orang tersebut. Tak percaya?

Sebuah penelitian terbaru yang dimuat dalam Menopause, jurnal American Menopause Society, menemukan bahwa memiliki teman-teman yang baik membantu membuatmu hidup panjang umur. Peneliti dari George Mason University menganalisis lebih dari 90 ribu post-menopause perempuan selama 10 tahun untuk mengetahui seperti apa efek memiliki teman-teman terhadap penyakit kardiovaskuler.

Ketua penelitian Dr. Nancy Freeborne, menemukan bahwa hubungan pertemanan atau social support dan panjangnya usia seseorang punya hubungan yang erat. Untuk perempuan menopause tanpa sejarah penyakit kardiovaskuler, memiliki social network yang baik mampu menurunkan risiko kematian dari penyakit apa pun.

Menerima support sosial sama halnya dengan memberikan obat untuk rasa kesepian dan memenuhi kebutuhan emosional dan mental seseorang dalam hal kasih sayang.

Jadi, jangan heran jika orang yang punya banyak teman akan lebih cepat sembuh atau lebih lama bertahan hidup dari penyakit ketika didampingi keluarga dan teman-teman terdekatnya. Karena ternyata kekuatan teman baik sangat kuat hingga menentukan panjang hidupnya seseorang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading