Bukan Bercinta, Ini yang Membuat Hubungan Cinta Memuaskan!

Febi Anindya Kirana28 Feb 2019, 20:22 WIB
pernikahan

Fimela.com, Jakarta Orang berpikir bahwa bercinta adalah kunci penting kepuasan dan kebahagiaan pernikahan. Namun ternyata salah, tidak melulu soal hubungan seksual sebuah pernikahan bisa bahagia dan memuaskan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Michigan State University menemukan bahwa memiliki pasangan yang baik hati dan peduli ternyata dapat meningkatkan level kepuasan dalam hubungan cinta. Meski tampaknya sederhana untuk bisa menemukan pasangan baik dan perhatian, nyatanya tidak semua orang mampu memiliki pasangan seperti ini.

Penelitian yang melibatkan partisipan 2.500 pasangan heteroseksual yang sudah menikah selama 20 tahun ini menemukan bahwa bukan faktor kepribadian ekstrovert, terbuka dan penurut yang banyak diharapkan pasangan untuk membangun hubungan cinta yang memuaskan, namun sifat sederhana semacam baik hati dan peduli.

Penelitian mengungkapkan bahwa kecocokan saja tidak memberi pengaruh besar pada kepuasan hubungan cinta. Beberapa kualitas diri seperti kejujuran, rasa percaya dan saling menghargai dan menghormati mungkin masih berpengaruh besar.

Jadi, jika orang menganggap kepuasan seksual jadi satu faktor utama memiliki hubungan cinta memuaskan, sepertinya perlu dikoreksi lagi deh ya.