Sama-Sama Punya Hobi Seni, Bisa Kuatkan Ikatan Pernikahan!

Febi Anindya Kirana03 Mar 2019, 13:04 WIB
pasangan

Fimela.com, Jakarta Orang-orang cenderung jatuh cinta pada orang yang memiliki kemampuan atau kelebihan yang tidak dimilikinya. Daya tarik yang sering disebut opposite attraction ini memang menimbulkan rasa ingin memiliki karena orang merasa kagum terhadap perbedaan tersebut.

Namun bukan hanya perbedaan saja yang membuat seseorang jatuh cinta, memiliki banyak kesamaan justru menjadi meningkatkan kecocokan antar pasangan. Bahkan memiliki hobi yang sama juga bisa menjadi ukuran seberapa bahagia sebuah hubungan cinta, apalagi punya hobi seni.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Marriage and Family menemukan bahwa menghasilkan kreasi seni bersama dengan pasangan bisa jadi cara efektif membangun keintiman di antara dua belah pihak.

Peneliti yang melibatkan 20 pasangan heteroseksual yang telah menikah anatara usia 20-40 tahun ini menemukan bahwa melakukan kegiatan hiburan atau rekreasional bersama seperti main games, melukis bersama atau mengikuti kelas seni tertentu bersama, memiliki hubungan cinta lebih baik dan bahagia.

Pelepasan hormon oksitosin sebagai hormon cinta ternyata saat keduanya melakukan kegiatan seni bersama ternyata sangat membantu membangun rasa sayang lebih dalam terhadap pasangan. Suami-istri bisa saling mengajari, membantu, memuji dan bekerja sama menciptakan karya seni yang sesuai kepribadian mereka. Inilah yang kemudian juga bisa membangun kekompakan pasangan yang menikah.

Jadi, jangan abaikan memiliki hobi yang sama, karena ternyata memiliki hobi seni yang sama sangat membantu kabahagiaan hubungan pernikahan.