Sukses

Lifestyle

5 Olahan Terong Paling Lezat yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Fimela.com, Jakarta Ingin membuat olahan yang enak dan mudah dari terong? Ada berbagai resep yang bisa kita coba. Bahkan dengan racikan bumbu sederhana, kita bisa menikmati hidangan lezat dari terong.

Umumnya terong dimasak menggunakan bumbu yang kuat dan pedas. Tekstur terong yang lembut dan empuk memang paling pas diolah menggunakan bumbu bercita rasa pedas. Tapi bisa juga lho dibuat jadi olahan yang gurih dan sedap. Berikut sejumlah rekomendasi olahan terong yang bisa kita buat sendiri di rumah.

1. Terong Teri Masak Balado

Terong ungu bisa diolah dengan teri untuk dibuat jadi terong teri masak balado. Dengan bumbu balado pedas, terong akan terasa makin menggugah selera. Ikan teri yang digunakan bisa menambah kandungan protein menu ini. Sudah tak perlu repot-repot lagi bikin sambal sebab rasa pedas dari bumbu baladonya sudah cukup nendang.

2. Terong Krispi Sambal Bawang

Memang agak tricky untuk membuat olahan terong yang krispi. Tapi kita bisa membuat olahan terong krispi dengan balutan yang terbuat dari tepung bumbu, tepung terigu, tepung beras, dan air secukupnya. Tepung beras yang digunakan di sini bisa membuat terong jadi krispi saat digoreng. Dinikmati dengan sambal bawang, yakin deh menu yang satu ini bikin ketagihan.

 

3. Terong Tabur Wijen ala Korea

Bagi yang kurang suka pedas, terong tabur wijen ala Korea ini bisa dicoba. Terong tidak digoreng, melainkan dikukus sehingga lebih menyehatkan. Bumbu yang dipakai pun sederhana, antara lain bawang putih cincang, kecap asin, bawang daun, cabai rawit, minyak wijen, dan biji wijen. Kalau ingin menikmati sajian terong yang lain dari biasanya, olahan yang satu ini bisa langsung coba dibuat sendiri di rumah.

4. Sayur Lodeh Terong

Kalau sedang ingin menikmati menu yang berkuah santan dan mengenyangkan, kita bisa bikin sayur lodeh terong ini. Ditambah dengan kacang panjang, sayur lodeh ini akan makin nikmat. Bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, kunyit, gula, garam, dan kaldu bubuk sudah bisa membuat sajian ini sangat sedap. Daun salam dan daun jeruk serta lengkuas juga bisa membuat aroma sayur lodeh ini lebih lezat.

5. Terong Panggang Saus Teriyaki

Selain digoreng dan dikukus, terong juga bisa diolah dengan cara dipanggang. Bahkan dengan tiga bahan saja, kita bisa membuat terong panggang saus teriyaki yang sedap. Menikmati kuliner ala Jepang tak perlu repot-repot pergi ke restoran mahal. Pakai terong, kita bisa menikmati kuliner ala Jepang yang sederhana tapi juga sedap.

Sekarang sudah nggak bingung lagi kan mau membuat menu apa dengan terong? Ada banyak resep dan kreasi yang bisa dicoba untuk membuat olahan terong yang sedap. Semoga info ini bisa referensi yang pas untukmu, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading