Tinggal di Luar Kota, Begini Cara Mendaftarkan Diri Sebagai Pemilih di Pemilu 2019

Anisha Saktian Putri01 Mar 2019, 13:30 WIB
Ilustrasi Pemilu 2019

Fimela.com, Jakarta Bekerja atau tinggal di luar domisili tidak ada alasan untuk tidak menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak akan mempersulit pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. Lalu bagaimana caranya? Sahabat Fimela yang akan mencoblos di lokasi yang bukan domisilnya bisa menggunakan formulir A5 atau surat pindah memilih.

"Secara resmi memang yang diminta itu e-KTP. Tapi memang di beberapa tempat memang menanyakan salinan KK juga, untuk memastikan KTP elektroniknya asli apa enggak. Itu bagian dari teman-teman kita untuk memastikan bahwa KTP Tidak palsu. Maka sering diminta juga fotokopi KK," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, dilansir Merdeka.com.

Pramono mengungkapkan, KPU sudah membuka layanan mengurus formulir A5. Menurutnya, masyarakat bisa mendatangi kantor KPU terdekat pada 17 Februari 2019 hingga 17 Maret 2019 untuk melaksanakan pemilu.

"Diupayakan untuk datang sendiri. Toh kan juga bisa datang ke KPU tujuan. Enggak harus ke tempat asal. Ya bisa langsung ke KPU tujuan. Untuk tahap pertama kami akan fokus sampai 17 Februari. Tapi nanti tetap dimungkinkan sampai 17 Maret. Karena undang-undang kan membatasi sampai 30 hari sebelum hari pemungutan suara," terang Pramono.

2 of 2

A5 bisa diurus di Corner

Perakitan Kotak Suara di Gudang KPUD Bekasi
Pekerja menata kotak suara Pemilu 2019 di Gudang Logistik KPU Kota Bekasi, Rabu (20/12). Komisioner bidang logistik KPU Kota Bekasi telah menerima sebanyak 32.500 kotak suara dari 33.600 kotak suara yang ditargetkan. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Selain di kantor KPU, Pramono menambahkan bahwa formulir A5 juga bisa diurus di A5 Corner di sejumlah kampus.

"Sebenarnya kan di sekitar kampus itu ada TPS-TPS yang kami bentuk. Nanti mereka bisa terdaftar dan yang pindah memilih itu mereka bisa melalui teman-teman di KPPS di situ. Untuk nanti bisa dikomunikasikan sama teman-teman di situ. Jadi sebenarnya enggak ada masalah," tutupnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓