Semakin Tak Tahu Malu Orang, Semakin Sering Ia Berbohong!

Febi Anindya Kirana02 Mar 2019, 13:59 WIB
kebohongan

Fimela.com, Jakarta Berbohong adalah salah satu hal yang paling sering orang lakukan, dengan disadari atau tidak. Kebohongan ada banyak jenisnya dan bobotnya. Namun beberapa di antara banyak orang pasti ada jenis orang yang jadi pembohong besar atau sudah ahli dalam berbohong. Setiap katanya tampak sangat meyakinkan meski pada akhirnya diketahui bahwa itu semua hanya kebohongan.

Namun tahukah jenis orang seperti apa yang menjadi pembohong besar? Mereka adalah orang-orang yang tak tahu malu. Sebuah penelitia yang dimuatdalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan bahwa semakin tak tahu malu seseorang, akan lebih sering dan lihai dalam berbohong.

Orang yang seperti ini dalam penelitian, disebut dengan Machiavellianism. Orang seperti ini umumnya punya karakter manipulatif, tidak mudah malu, dan menggunakan banyak taktik sosial dan tidak etis untuk mencapai kepentingan pribadi. Dikatakan peneliti, untuk tujuan kepentingan atau keuntungan pribadi, mudah mempengaruhi orang adalah skill yang sangat menonjol digunakan para pembohong ini.

Dengan kata lain, semakin ahli kemampuan manipulasimu, semakin besar kemungkinan dirimu ahli dalam berbohong, baik itu untuk kepentingan baik, maupun buruk. Jadi jangan heran jika ada banyak pembohong di sekitarmu tetap bermuka tembok meski kebohongan mereka terungkap, karena pada dasarnya mereka tak tahu malu.