Ternyata Orang Minder dan Rendah Diri Cenderung Jadi Pembohong Besar!

Febi Anindya Kirana02 Mar 2019, 17:46 WIB
kebohongan

Fimela.com, Jakarta Kepercayaan diri dan harga diri tinggi ternyata bukan hanya bermanfaat dalam kemajuan dan kesuksesan diri, serta membawa diri di berbagai situasi dan dalam lingkungan masyarakat, kepercayaan diri ternyata juga memegang peranan penting dalam hal mengukur seberapa besar kemungkinan seseorang sebagai pembohong.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan bahwa orang yang punya rasa menghargai diri yang rendah ternyata punya kecenderungan sering berkata bohong. Peneliti mengungkapkan, orang-orang dengan harga diri rendah sengaja berbohong demi mengimbangi rasa kurang percaya diri mereka, agar bisa tampil dengan identitas lebih memukau.

Kebohongannya termasuk bersifat berbahaya dan bisa melukai orang lain, entah itu menyembunyikan identitas, masa lalu atau apa pun yang membuatnya malu akan diri sendiri, pasti kebenarannya akan ditutupi. Ia mungkin memulai dengan satu kebohongan kecil, namun kebohongan itu akan terus ditutupi dengan kebohongan-kebohongan lain karena ia sudah terlanjut berkarta bohong di awal.

Berbeda dengan orang dengan harga diri dan kepercayaan diri tinggi. Karena mereka sudah merasa puas dengan dirinya sendiri, tak ada yang perlu ia tutupi atau sembunyikan. Orang percaya diri akan lebih jujur dan apa adanya.

Jadi, jangan sampai punya rasa rendah diri ya, jika tak ingin terjebak menjadi seseorang yang dicap pembohong besar!